Lihat ke Halaman Asli

Suara Asap

conten / copy writer

Wabah Campak dan Gizi Buruk di Asmat, Papua

Diperbarui: 15 Januari 2018   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

batasnegeri.com

Campak dan Gizi buruk telah kembali berdatangan dan menyerbu Kabupaten Asmat. Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah Papua untuk tetap fokus dan bekerja cepat dalam menanganai campak dan gizi buruk yang kembali menyerang anak-anak suku Asmat di Papua.

Kabupaten Asmat telah mendapatkan banyak perhatian, dari banyak pihak salah satunya anggota Komisi IX DPR RI Frans Agung MP Natamenggala yang mendesak pemerintah agar segera melakukan penanganan gizi buruk anak-anak di Asmat.

Sebelumnya kasus ini Oscar Primadi selaku Kepala Humas (Kemenkes) telah melakukan imunisasi secara massal dan memberikan 2 - 3 ton Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk mengatasi gizi buruk dan campak.

Melansir dari CNNINdonesia, dalam kurun waktu empat bulan terakhir, campak dan gizi buruk telah menelan korban jiwa sedikitnya 28 anak. Presiden juga mengatakan bahwa kerja cepat mengatasi wabah tersebut harus dilakuakn Pemda sebab mereka yang langsung di lapangan dan mengetahui titik-titik penyebaran.

Kepala Humas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi, membenarkan akan laporan tersebut. Menurutnya, imunisasi tak optimal di Asmat. Untuk menghimbau agar tiap warga melaksanakan imunisasi dengan lengkap dan benar. Bukan hanya itu Oscar berharap imnunisasi ini bisa dilakuakan secara terarur dan lengkap dan dapt menggerakan masyarakat untuk aktif melaksanakan posyandu.

Kondisi yang terjadi pada anak-anak sangatlah memprihatinjkan dengan kondisi fisiknya yang sangat kurus. Hal ini bukan hanya kekurangan gizi saja melainkan kejadian luar biasa (KLB) campak di lima distrik ini juga menimpa Kabupaten Asmat.

Elizabeth Jane Soepardi, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan, mengira bahwa imunisasi ini belum optimal dan kurang tenaga medis diperkirakan menjadi oenyebab cepat merebaknya wabah di wilayah paling timur Indonesia tersebut.

Untuk itu demi kenyamanan bersama, mengenai minimnya tenaga medis di wilayah pedalaman, Elizabeth Jane akan menugaskan tim dari pusat untuk ditugaskan disana. Rencaranya Kemenkes akan menempatkan tenaga -- tenaga pusat secara bergantian supaya ada kesinambungan, sampai tim daerah Papua mampu menagani kasus ini.

Dari hasil laporan 13 Januari 2018 sejumlah media menyebutkan jumlah korban tewan akibat campak dan gizi buruk masih mungkin bertambah. Hal ini, penderita campak masih dirawar di Rumah Sakit Agats, ibu kota Kabupaten Asmat. Menurut hasil yang tercatat untuk penderita berjumlah 22 pasien diantaranya,  16 pasien tengah rawat jalan, dan 6 orang masih dirawat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline