Lihat ke Halaman Asli

irvan sjafari

TERVERIFIKASI

penjelajah

Yura Yunita, Marathon, Viral Nggak Bisa, Naik Gunung, Apa Lagi?

Diperbarui: 18 Agustus 2024   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yura Yunita di Gunung Prau-Foto: Instagram Yura Yunita 

Yura Yunita adalah penyanyi yang tidak saja kreatif membuat lagu, tetapi juga kreatif membuat citra dirinya dalam berbagai aktivitas di luar menyanyi.

Saya menemukan sejumlah karya ilmiah yang menjadikan lagu-lagu yang dinyanyikan penyanyi kelahiran 9 Juni 1991 ini sebagai tema penelitiannya sebagai bentuk pengakuan sendiri terhadap eksistensi Yura sebagai penyanyi. 

Yang teranyar dari Peneliti dari Fakultas Ilmu Komunikasi  dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta Rina Ardita Pebriani dan Wida Yurawanda (2024) menyampaikan Yura Yunita lewat lagu  mengungkapkan  berbagai persoalan terkait kesehatan mental yang banyak terjadi pada masyarakat kita, seperti rasa tidak nyaman, perudungan, prasangka, tidak percaya diri.

Adegan dalam video klip "Tutur Batin" yang menampilkan orangtua yang memuji seorang anak perempuannya yang prestasinya dinilai lebih membanggakan keluarga dan mengabaikan anak yang lain, tanpa menyadari hal itu berdampak pada kejiwaan anaknya adalah contoh yang dinyatakan kedua peneliti ini.

Mereka yang berada dalam tekanan hidup yang tidak tertahankan tersirat dengan cerdas lewat lirik "Kaki mungilku yang terus menahan beban".  Lewat lirik menurut kedua peneliti Yura menyuarakan manusia punya keterbatasan dalam menghadapi masalah hidup.

Hal senada juga dikatakan Mufidah Khoirun Nisa dalam skripsinya (2023) bahwa "Tutur Batin" menyuarakan betapa mudahnya bagi orang untuk tidak menghargai diri sendiri dan dipaksa untuk seperti orang lain.

Dua karya ini menyatakan bahwa dari segi komunikasi Yura Yunita sudah mampu membuat lagu yang mengungkapkan apa yang terjadi pada masyarakat Indonesia. Latar belakangnya sebagai sarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran mungkin membantu dia menyampaikan pesan-pesan yang cukup berat ini dengan cara yang lebih bisa dicerna orang awam.

Kini pada 2024 ini Yura Yunita membuat terobosan komunikasi yang mungkin secara tak sengaja memperkuat popularitas dia dengan mempopulerkan  "Gak Bisa Yura" yang menjadi viral di berbagai platform media sosial.

Namun sebetulnya "Gak Bisa" ini terlontar dari lirik lagu "Risalah Hati" dari Dewa 19, yang dinyayikan ulang oleh perempuan kelahiran 9 Juni 1991 ini. 

Sebetulnya "Risalah Hati" juga menggambarkan persoalan psikologis, yaitu soal perjuangan dari manusia yang berakhir dengan kegagalan.  Pesan ini sebangun dengan lagu-lagu Yura yang membuatnya terus bisa berdialog dengan penggemarnya.  Hebatnya beberapa tokoh publik ikut terpengaruh mempopulerkannya. 

Asal muasalnya ternyata dari lagu legendaris Dewa 19, "Risalah Hati". Yura Yunita menyanyikan lagi lagu ini dengan caranya. Dalam lagu ini terdapat lirik "Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta,".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline