Lihat ke Halaman Asli

irvan sjafari

TERVERIFIKASI

penjelajah

TPA Rawan Terbakar, Kemarau Ekstrem atau Sistem Open Dumping?

Diperbarui: 21 Oktober 2023   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebakaran di TPA Rawa Kucing-Foto: Humas BNPB.

Belum sebulan tragedi kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Bandung Barat berlalu, sejumlah TPA lainnya di tanah air terbakar.  Hal ini menandakan bahwa selain hutan dan lahan, TPA pun menjadi kawasan rawan kebakaran pada musim kemarau ekstrem ini.

Pada Jumat, 20 Oktober 2023 TPA Tlekung di Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur yang sudah berapa bulan ditutup terbakar. Lokasi kebakaran berada di area sebelah selatan. Tim gabungan segera melakukan pedaman api dengan mengerahkan sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran  dibantu oleh para relawan dan warga.  Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menduga api berasal dari bawah lereng dan merembet ke sisi atas.

Selain upaya pemadaman dan pembasahan oleh Dinas Kebakaran, tim gabungan juga membuat sekat bakar agar api tidak merembet ke lahan warga. Cuaca di lokasi kebakaran terpantau cerah dan berangin justru menjadi kendala tim dalam melaksanakan pemadaman.

Pada hari yang sama kebakaran juga melanda TPA Rawa Kucing, Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Provinsi Banten dilahap si jago merah.  Pada saat kejadian, BPBD Provinsi Banten, BPBD Kota Tangerang bersama tim gabungan langsung menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman darat, sebanyak 36 unit pemadam kebakaran dan sekitar 450 orang terlibat dalam proses pemadaman.

Kebakaran TPA Tlekung-Sumber foto: Pusdalops BPBD Kota Batu

Seperti halnya kebakaran yang melanda TPA Tlekung, pemicu kebakaran belum diketahui. Namun laporan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  pada Sabtu 21 Oktober 2023  mengungkapkan cuaca ekstrem dan panas yang sangat terik membuat tumpukan sampah plastik menjadi sangat mudah terbakar. Diperkirakan sekitar sepuluh hektare lahan TPA terbakar.

Seminggu sebelumnya, pada 13 Oktober 2023, TPA Randukuning, Tegalsari, Kabupaten Batang, Jawa Tengah terbakar. Kepala UPTD Persampahan, DLH Batang Nur Handayanti menerangkan, tumpukan sampah di TPA Randukuning sudah melebihi kapasitas sejak dibangun 1995 lalu, yaitu sebanyak 53 ribu m. 

"Setiap harinya sebanyak 115 ton yang datang ke TPA . Kami memperkirakan daya tampungnya cuma 6 bulan lagi, karena kapasitas sudah berlebih," ujar dia

BNPB mencatat sebanyak 14 kejadian kebakaran di TPA dari Sabang hingga Merauke sepanjang Juni hingga Oktober 2023.  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan penyebab alotnya pemadaman api di TPA ialah terlalu banyaknya tumpukan plastik yang menyulitkan air merembes ke bawah.

Tinggalkan Sistem Open Dumping

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline