Lihat ke Halaman Asli

irvan sjafari

TERVERIFIKASI

penjelajah

Situ Patenggang Tidak Lekang Dimakan Zaman

Diperbarui: 25 Juli 2023   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumbhttps://tempatwisatadibandung.info/

Priangan Selatan  mempunyai kekayaan panorama alam yang melimpah bahkan masih bertahan lebih dari seratus tahun sebagai tempat wisata. Salah satu di antaranya dalah Situ Patenggang (ada yang menyebut Situ Patengan), Ciwidey, Bandung Selatan.

Sejumlah referensi menyebutkan keindahan Situ Patenggang. Seorang wisatawan Belanda V. H. Ahn---Kobler menulis sajak  tentang keindahan  danau itu dalam Tropisch Netherland edisi 31 Maret 1931

Apakah Anda melihat pegunungan biru di sana? Di tangan mereka terdapat sebuah danau; Berkilau, murni, tersembunyi, kesepian, Di lingkungan dewa yang agung.

Keperakan adalah cerminnya Bidang bayangan hijau tua: Refleksi hutan Dengan atap daunnya yang suram.

Dari tengah muncul sebuah pulau, Dedaunan lembut di sekitar semak dan pohon, Bebatuan dalam bentuk aneh Seperti dongeng, seperti mimpi.

Sajak itu menyampaikan bahwa telaga atau Situ Patenggang memberikan kesan romantis, eksotis bahkan fantastis bagi wistawan masa itu yang menyukai destinasi yang butuh keheningan.

Penulis Lainnya Rietsma dalam artikel bertajuk Indische Weekend dalam majalah yang sama edisi 20 Februari 1939 melukisan Telaga Patengan yang tenang, tempat danau Junghuhn pernah hidup begitu lama. Perahu nelayan ramping melesat melalui alang-alang, dan sesekali terdengar tembakan saat seorang pemburu mencoba menangkap bebek atau meliwi.

Situ Patnggang tempo dulu.  Sumber gambar:  Tropisch Netherland edisi 31 Maret 1931 

Reitsma bersama rekannya Hoogland  juga menulis perjalanan ke Priangan Selatan dalam buku Gids Van Bandoeng Omstreken terbitan 1921

Salah satu laporannya meyebutkan dari Kawah Tjibouni (Kawah Cibuni) setengah jam berjalan kaki ke danau gunung Telaga Patengan yang menakjubkan, yang dapat dilihat dari puncak Patoeha (Patuha) Seseorang dapat berjalan mengelilingi danau, yang luas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline