Lihat ke Halaman Asli

irvan sjafari

TERVERIFIKASI

penjelajah

1963, Berdirinya Perhimpunan Musik Bandung, Melejitnya Sam dan Acil (Bimbo)

Diperbarui: 3 Maret 2019   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iklan pertunjukan musik di PIkiran Rakjat Bandung-foto; tim Audivisual Perpusnas

Sebanyak 26 orang memenuhi ruangan di gedung Jalan Naripan 2 B pada Jumat malam, 2 Agustus 1963. Mereka adalah musisi kota Bandung yang kerap tampil di pertunjukan besar seperti di Sport Hall Saparua, maupun di Hotel Grand Lembang, Hotel Grand Preanger, Hotel Homman, Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang, Karang Setra.

Empat jam sudah mereka berdebat untuk mendirikan sebuah persatuan musisi yang bertujuan untuk memperbaiki kedudukan sosial para anggotanya. Rapat yang dipimpin oleh Jim Espehana, seorang tokoh yang sudah dikenal di blantika musik Bandung. 

Di antara yang hadir terdapat nama Rudy Rosady dari Eka Jaya Combo, Tubagus Drajat dari band Cubana Ria, Iskandar dari Gita Remaja, Sam Kardjono dari band Dasa Ria, Mohammad Jasin (Nada Ketjana), serta dari RRI Djoehari dan Benny Pablo dari Salamony.

"Rapat ini untuk menghilangkan pertentangan dan persaingan antar band untuk perbaikan nasib,"ujar Jim Espehana dalam rapat.

Rapat akhirnya memutuskan menjadikan Tubagus Drajat sebagai ketua dan Jim Espehana sebagai wakilnya. Meskipun nama organisasi yang dibentuk belum diputuskan.

Nama Jim Espehana sudah dikenal di blantika musik Indonesia pada pertengahan 1950-an, ketika ia menjadi pemain bass bersama Bart Risakotta mendukung Nick Mamahit merilis album Sarinande dan dianggap sebagai tonggak rekaman musik jazz tanah air.

 Arief Yudhanto (2018) memberikan referensi menarik tentang musisi jazz di Bandung tahun 50 -- 60an adalah Eddy Karamoy (gitar), Joop Talahahu (saksofon tenor), Leo Massenggani, Benny Pablo, Dolf (saksofon), John Lepel (bass), Iskandar (gitar dan piano) dan Sadikin Zuchra (gitar dan piano). 

Pada 1953, Benny Pablo bersama Sadikin Zuhra dan Benny Cardo dan Iskandar membentuk band Gita Remaja di Bandung. Beberapa nama ini menjadi tokoh yang disebut memprakasai pertemuan di Naripan. Penyanyi jazz menjadi motor semangat persatuan ini.

Berdirinya Pemba

Seminggu kemudian pada 8 Agustus 1963 digelar pertemuan kedua yang menyepakati nama yang dipilih adalah Perhimpunan Musik Bandung (Pemba). Tubagus Drajat Martha dalam rapat itu mengemukakan tujuan organisasi tersebut untuk sebuah persatuan yang kekal dan memperat tali persaudaraan antara satu sama lain.

"Band-band di Bandung kini dalam suatu koordinasi yang diselenggarakan oleh Pemba," kata Drajat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline