Lihat ke Halaman Asli

irvan sjafari

TERVERIFIKASI

penjelajah

Beberapa Catatan tentang Kemacetan Long Weekend 23-24 Desember 2015

Diperbarui: 25 Januari 2016   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebetulnya saya sudah memperhitungkan bahwa bakal terjadi  kemacetan dalam long week-end di mana orang kantoran dan anak sekolahan libur sekaligus. Tetapi saya nekad juga ke Bandung pada 23 Desember 2015,karena hitungan saya paling-paling 4-6 jam perjalanan melalui tol. Kalau tidak melalui tol memakai jalur alternatif mungkin  saya lebih cepat. Yang saya salah hitung ialah kemacetannya ternyata luar biasa. Kalau diumpamakan dengan  gempa yang tadinya saya kira hanya sekala 6-7 richter ternyata sampai 10 richter. Selain itu saya kira kemacetan ternyata bukan hanya ada di jagorawi dan jalan tol cipularang,  tetapi seluruh jalur menuju Bandung.

Saya berangkat dengan santai ke Bogor naik kereta komuner sekitar pukul 10 pagi dalam kondisi sepi. Tujuan saya memang ke Cicurug, Sukabumi menengok  properti milik keluarga serta orang yang menjaganya, baru kemudian ke Bandung melalui Sukabumi-Cianjur. Hitungannya paling mahgrib  di Bandung.  Jam 10.30 sudah di Bogor, makan soto mie dekat Stasiun Bogor, dengan santainya sambil membawa tas ransel 45 liter dan tas tangan kecil.   

Dari Stasiun Bogor naik angkot menuju  tempat  angkutan minibus ke arah Sukabumi mangkal, sekitar Jalan Padjadjaran. Di sana berapa awak angkutan umum dan penumpang  sudah membicarakan kemacetan di Ciawi. Saya belum khawatir  karena menduga paling itu  para wisatawan yang hendak menuju kawasan Puncak dan di Sukabumi paling hanya sampai di Lido. Saya duduk di depan samping Pak Supir, tempat favorit saya karena bisa mengorek informasi.

Saya membayar ongkos Rp30 ribu, di atas harga regular Rp25 ribu per orang.  Saya pikir harga masih pantas. “Ingin tahu mengapa Rp 30 ribu?” Si Supir, seorang berusia 30 tahunan asal Sumatera  tahu apa yang saya pikirkan.  Dia kemudian memperagakan keterampilannya  mengambil jalan pintas  dan brilian  kami melewati  antrian ular mobil-mobil pribadi di muka pintu tol keluar Ciawi.  Bukan itu saja ia mampu menyalip truk-truk besar di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, sementara saya menyumpah-nyumpah: apa yang ada di benak para pengambil kebijakan  tidak melarang  truk-truk itu beroperasi di musim libur ini.

Sekitar pukul 13.00  tiba di Cicurug masih sepi. Angkutan Umum jenis colt itu tepat pada waktunya karena dua jam lagi kawasan itu akan diterpa kemacetan.  Saya kemudian naik ojek ke tempat properti melalui jalan lokal yang sudah dilintasi kendaraan umum sebagai jalur alternatif. Sayang urusan di Cicurug memakan waktu dua jam-an.  Baru pukul tiga sore naik angkutan umum ke Sukabumi, macet.  Tiba di terminal pukul lima sore. Di kepala masih ada rasa optimis bakal sampai di Bandung pukul tujuh malam.

Dari terminal Sukabumi  saya menumpang bus AC.  Dari  seorang pengamen  saya mendengarkan lagu “Semalam di Cianjur” yang dipopulerkan Alfian,  lagu yang baik dalam perjalanan melalui Cianjur. Hitungan saya meleset di sini. Mobil pribadi yang memilih jalur ini juga banyak (melihat plat B), belum lagi truk-truk yang lalu lalang  (aduh, mengapa mereka dibiarkan berkeliaran di musim libur).  Yang saya lupa bahwa ada dua pabrik besar yaitu Nike dan GSI  yang buruhnya total mencapai  puluhan ribu tumpah ruah di jalanan karena besok libur. 

Sekarang bukan  pemegang kebijakan yang mengizinkan truk-truk besar beroperasi, tetapi siapa mengizinkan pabrik-pabrik berada di tepi jalan raya yang maki dalam hati. Apa tidak ada perencanaan matang dalam master plan-nya bahwa kepentingan wisata dan industri akan berbenturan?  Apa anggota dewan yang terhormat dan pemda tidak memikirkan hal ini? “Oh, mereka tak peduli. Karena mereka lewat jalan kan dikawal?” jelas awak bus dengan pasrah.

Bus AC yang tadinya pas bangku menjadi ramai karena buruh-buruh menyerbu masuk ingin cepat bertemu orangtuanya.  Di antaranya duduk di sebelah saya, seorang karyawati Nike yang tinggal di Ciranjang (penumpang sebelumnya turun di  Warungkondang).  Dia hanya tamat SMP dibayar UMR yang tidak sampai Rp2 juta.  Buruh itu menyisihkan uangnya untuk ole-ole buat ibunya di Ciranjang dan bersyukur masih dapat kerjaan.  

“Kami tidak punya hiburan seperti di Bandung,  Sukabumi tidak ada yang dilihat, apalagi Cianjur.  Biaya SMA mahal tidak terjangkau keluarga karena ayah sudah meninggal,” tuturnya. Mengharukan. Menurut. Dia bekerja dari pukul 6.15 hingga 15.00. Dia kos bersama teman-teman buruhnya. Liburan Kamis dan Jum’at besoknya adalah anugrah bagi dia berkumpul bersama keluarga.  Dia kemudian turun di muka gang rumahnya kawasan Ciranjang  sekitar pukul 9 malam.

Semalam di Cianjur jadi mimpi buruk saya.  Kemacetan luar biasa terjadi di kawasan Kota Baru Parahyangan.  Baru tiba di Bandung tengah malam.  Untung  saya sudah booking hostel (bukan hotel) untuk backpackeran hingga kebagian tempat.  Sejumlah orang tidak kebagian tempat mengaku 7-9 jam di jalan tol dari Jakarta.   

Terkapar  di Nagreg

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline