Lihat ke Halaman Asli

Adakah Mata Kuliah Anti Korupsi?

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1399647507349519291

Pertanyaan yang sempat saya dengar saat nangkring bareng kompasiana April kemarin adalah "adakah jurusan anti korupsi di perguruan tinggi di dunia ini?" Pertanyaan dilontarkan oleh peserta Nangkring Bareng LPDP, April kemarin. Jika ada jurusan tersebut, mungkin akan menjadi perioritas bagi pengelola dana pendidikan supaya pemberantasan korupsi di Indonesia bisa berjalan signifikan.

Jika pertanyaannya adalah “Adakah jurusan khusus anti korupsi di perguruan tinggi” Jawabannya adalah  belum ada perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri yang khusus menyediakan jurusan Anti Korupsi. Tetapi paling tidak sebenarnya sudah ada jurusan yang berkaitan dengan kebijakan publik,  dimana Kebijakan Publik  ini mengurus tentang bagaimana sistem pemerintahan yang baik untuk menekan angka korupsi. Jurusan ini kita kenal dengan Public Policy.

Lalu, adakah mata kuliah Anti Korupsi?

Ya, ada. Beberapa kampus di dalam negeri sudah menyediakan mata kuliah Anti Korupsi sebagai mata kuliah pilihan. Uniknya, baru di Universitas Paramadina (Jakarta) lah mata kuliah Anti Korupsi diwajibkan seperti halnya Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) bagi mahasiswanya.

Mengapa mata kuliah ini diwajibkan bagi semua mahasiswa Universitas Paramadina?

Anies Baswedan, Ph. D  sebagai rektor Universitas Paramadina mengungkapkan bahwa “korupsi terjadi karena adanya willingness and opportunity to corrupt. Willingness terkait dengan etika masing-masing individu, sementara opportunity berkaitan dengan sistem. Kalau ingin bebas dari korupsi, etika dan sistem harus dibangun secara simultan. Nah, dari kampus tersebut, kita ingin benar-benar membangun semangat memberantas korupsi.” dikutip dari http://www.antikorupsi.org/id/content/anies-baswedan-tentang-kuliah-antikorupsi-di-universitas-paramadina. Jika perbaikan sistem itu dilakukan oleh pemerintah dan institusi penegak hukum, dan kampus-kampus berperan dalam menghidupkan nilai-nilai dan etika anti korupsi, semoga saja cita-cita Indonesia yang bebas dari korupsi bisa segera tercapai, kalaupun belum tercapai kita sudah ada pada jalan yang benar menuju kesana.

Apa saja yang dipelajari mahasiswa dari mata kuliah Anti Korupsi ini?

Mahasiswa belajar mengenai:

·Prinsip-prinsip anti korupsi,

·Bentuk-bentuk korupsi,

·Faktor penyebab korupsi,

·Dampak-dampak korupsi,

·Bagaimana pemberantasan korupsi di indonesia,

·Nilai-nilai anti korupsi dalam agama,

·Pemberantasan korupsi di negara lain,

·Lembaga anti korupsi non pemerintah,

·dan topik-topik menarik lainnya.

Kuliah dilakukan dalam 16 kali pertemuan, termasuk 1 kali UTS dan 1 kali UAS. Yang unik dalam pembelajaran Mata Kuliah Anti Korupsi ini adalah mahasiswa ditantang untuk membuat riset mengenai kasus korupsi yang ditemui dalam lingkungan sekitar. Seperti halnya korupsi kecil-kecilan dalam proses pembuatan KTP, SIM, Paspor, pungutan liar, dan lain sebagainya. Dimana korupsi kecil-kecilan ini sudah dianggap biasa dalam kehidupan sehari-hari.  Hasil investigasi ini dipresentasikan dalam sebuah investigative video yang nantinya akan diputar dan ditonton oleh peserta dari kelas lain dalam “Best Investigative Report.”

Menajamkan analisis mahasiswa mengenai pemahaman terhadap korupsi juga dilakukan dengan menyelenggarakan Debat Anti Korupsi. Mahasiswa berkelompok (biasanya setiap kelompok terdiri dari 3 orang), kemudian antar kelompok ditantang untuk melakukan debat. Debat biasanya menggunakan sebuah sistem debat tertentu, dan menghadirkan mosi-mosi debat yang menarik. April tahun 2013 lalu, Debat Anti Korupsi ini sempat diselenggarakan antar kelas, dan respon mahasiswa pun positif.

Salah satu mahasiswa Paramadina juga sempat membuat sebuah games edukasi Anti Korupsi untuk anak yang diberi nama “PATIKOR” Papan Anti Korupsi. Sebuah terobosan baru dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi bagi anak-anak. Permainan ini pada dasarnya mirip dengan ular tangga, namun ada penyelipan pesan-pesan dan informasi mengenai nilai-nilai anti korupsi di dalamnya.

Berikut foto PAPAN ANTI KORUPSI (PATIKOR):

[caption id="attachment_335580" align="aligncenter" width="420" caption="Papan Anti Korupsi (dokumentasi pribadi)"][/caption]

Berikut video cara memainkan “PATIKOR”


Semoga saja makin banyak kampus-kampus lain yang mewajibkan mata Kuliah Anti Korupsi bagi mahasiswanya. Supaya kampus-kampus tidak lagi memasok calon-calon koruptor baru, namun meluluskan manusia-manusia yang berintegritas. Salam Anti Korupsi!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline