Lihat ke Halaman Asli

Junirullah

Penulis

17an Dirumah Gunung Indonesia

Diperbarui: 14 Agustus 2021   17:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto gunung Kendari. Jepret oleh. Junirullah

Merayakan Kemerdekaan bisa dimana saja yang penting mengikuti prokes, perayaan 17an Dirumah Gunung juga dapat dilakukan oleh semua masyarakat yang berdomisili di pegunungan dari Sabang sampai Meurauke.

Foto area gunung penduduk Kendari. Jepret oleh. Junirullah

Lihat ruas jalan menuju kemerdekaan menjadi antusiasi orang-orang yang merayakan HUT RI KE 76, begitu juga dengan kami yang tinggal di Kendari Sulawesi, ikut merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan hobi menulis kemudian jeprat-jepret keadaan lingkungan disekitarnya, untuk menampilkan kedamaian setelah meraih kemerdekaan.

Foto area gunung kebun masyarakat Kendari. Jepret oleh. Junirullah

Kedamaian dirasakan oleh setiap orang dan momen tersebut dirayakan dengan hikmat, bila melihat tempat seperti ini seperti bergerilya ditahun sebelum merdeka yang penuh peringatan (warning) yang tumbuh dikebun belakang, dan 17an Dirumah Gunung juga merupakan momen merefleksikan kembali renungan arti kemerdekaan yang sesungguhnya.

Foto gunung Kendari. Jepret oleh. Junirullah

Jejak para pejuang syuhada kemerdekaan Indonesia, yang dimaksud syuhada disini adalah (bagi syuhada yang niatnya itu tulus dan ikhlas dalam perjuangan memerdekan Indonesia) dan bagi yang memiliki niat lain bukan syuhada namanya tapi neraka tempatnya.

Foto gunung Kendari. Jepret oleh. Junirullah

Kemerdekaan yang sesungguhnya bukan berarti merayakan dengan semena-mena dan sesuka-sukanya saja, akan tetapi yang dimaksud dengan merdeka itu adalah memerdekakan diri dari ganasnya nafsu yang dapat menghancurkan diri sendiri.

Foto gunung Kendari. Jepret oleh. Junirullah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline