Lihat ke Halaman Asli

juniman zai

Mahasiswa

Manusia Hidup tapi Tidak Tahu Dia Berasal Darimana

Diperbarui: 27 September 2023   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Manuasia" siapakah Manusia? manusia adalah ciptaan yang diciptakan oleh pemiliknya dan Ada juga yang mengatakan manusia adalah sesuatu yang berasal dari langit lalu turun kebumi, pada awalnya bukan bentuk Manusia melainkan berbentuk benda kecil yang tidak dilihat mata secara jelas tetapi berjalannya waktu beberapa ratusan tahun benda itu membesar dan mulai terbentuk seperti makhluk hidup. Ratusan kemudian makhluk tersebut semua organ tubuhnya mulai terbentuk, mulai dari kepala, mata hidung, mulut, telinga, tangan, kaki dan organ-organ tubuh lainnya. Tetapi pendapat ini tidak diterima karena tidak ada dasar yang kuat untuk membuktikannya.

Menurut Charles Darwin Manusia itu adalah berasal dari kera berhubungan sebagai suatu keturunan yang sama dari satu spesies. Menurut teori Charles Darwin Asal mula manusia menurut ilmu pengetahuan atau sains terkenal dalam teori evolusi. Evolusi dalam kamus bahasa Indonesia ialah perkembangan perubahan atau pertumbuhan secara berangsur-angsur.  

Evolusi dalam ilmu biologi berarti proses kompleks pewarisan sifat organisme yang berubah dari generasi ke generasi dalam kurun waktu jutaan tahun. Evolusi berusaha memahami faktor-faktor yang mendorong terbentuknya berbagai makhluk hidup yang ada di dunia saat ini. Evolusi mempelajari bagaimana spesies baru dapat muncul dari berbagai spesies tumbuhan dan hewan dalam jangka waktu tertentu. Evolusi juga mempelajari bagaimana spesies-spesies yang berbeda dapat memiliki kekerabatan. 

Secara luas, evolusi ialah ilmu yang mempelajari suatu perubahan, sebagaimana juga terjadi evolusi atau perubahan pada alam semesta, ilmu bahasa, atau sistem politik. Kesimpulannya, evolusi biologi adalah suatu perubahan dari properti yang dimiliki oleh populasi atau kelompok organisme tertentu yang diturunkan kepada semua individu selama hidupnya. Apabila perubahan semacam ini terjadi pada satu individu saja maka hal tersebut tidak dinamakan evolusi. 

Perubahan yang ada dalam tingkat populasi dinamakan evolusi bila sifat-sifat yang terjadi itu diturunkan melalui material genetika dari satu generasi ke generasi berikutnya. Evolusi biologi berbicara pada tataran populasi bukan individu. Selain itu, perubahan yang terjadi harus diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya. Dalam pandangan Charles Darwin tersebut penulis tidak setuju,  tidak mungkin Manusia terbentuk dari akibat evolus (perubahan. Karena segala sesuatu itu ada pemiliknya termasuk Manusia, jika manusia terbentuk akibat evolusi siapakah pemiliknya apalagi dalam jangka waktu yang lama yang bertahap.

Menurut Al-Qur'an Manusia adalah manusia makhluk pertama yang disebut Allah dalam al-Qur'an melalui wahyu pertama. Manusia Dalam Q.S al-Alaq Allah swt berfirman.Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Pandanga ini memang sangat bagus karena menunjukan siapakah pemilik manusia yaitu Allah swt, tetapi manusia secara biologis tidak hanya terdiri satu komponen yaitu darah. Tetapi Manusia terdiri dari beberapa komponen. Supaya tidak membingungkan mari melihat pandangan yang terakhir ini.

Menurut Kitab Suci mencatat bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Manusia diberi kuasa oleh Allah untuk menjadi tuan atas semua makhluk ciptaan lainnya di dunia ini (bdk. Kej 1:26-30). Penciptaan manusia didahului dengan diskusi ilahi, tanpa perantaraan (immediate), menurut gambar Allah, terdiri dari dua unsur, sebagai puncak dari penciptaan. Manusia bukan produk evolusi, tetapi ciptaan Allah yang berpribadi. Manusia adalah gambar Allah

Manusia dilukiskan sebagai bagian integral dari dunia. dari pandangan Alkitab penulis lebih setuju karena sangat jelas bahwa manusia diciptakan menurut gambar penciptanya, buktinya adalah jika kita melihat di Zaman sekarang  Manusia lebih berhak atas ciptaan lainnya, manusia bisa mengelola, manusia memiliki pikiran, manusia bisa mengontrol, manusia bisa berbicara, manusia juga makhluk ciptaan yang Istimewa yang serupa dan segambar dengan penciptanya, bukan hanya itu manusia juga di Ciptakan, bukan hanya satu komponen saja melainkan beberapa komponen, misalnya debu tanah nafas kehidupan dari pencipta (kej. 2:7). Penulis juga lebih setuju dengan Pandangan Alkitab kerena lebih relevan bagi pemikiran manusia, misalnya jika salah satu manusia sudah waktunya untuk kembali kepada sang penciptanya atau meninggal dunia lalu dikubur dan tubuhnya kembali ke Tanah atau debu. hal ini tidak asing lagi bagi kita karena semua kita pernah melihat orang meninggal dan dikubur ketanah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline