JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3
Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
JUNIKA NAPITUPULU
CGP Angkatan 7
Kab. Serdang Bedagai
Salam Guru Penggerak.
Jurnal refleksi dwi mingguan kali ini saya akan menuliskan dalam bentuk jurnal dengan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).
1. Fact (Peristiwa)
Modul 3.3 tentang Pengelolaan program yang berdampak positif pada murid ini menurut saya merupakan modul inti dari semua modul yang sudah dipelajari selama mengikuti pendidikan guru penggerak ini. Sama seperti kegiatan sebelumnya, kegiatan dalam modul ini menggunakan alur MERDEKA yaitu, Mulai dari diri sendiri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi nyata. Dalam modul ini, saya mempelajari tentang bagaimana menyusun sebuah program sekolah yang berdampak positif pada murid, cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Saat ruang kolaborasi, kami lebih mendapatkan penguatan tentang modul ini dari fasilitator. Saat ruang kolaborasi, secara berkelompok yang terdiri dari 3 orang, kami diminta untuk menyusun sebuah program sekolah yang berdampak positif pada murid yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid. Kemudian secara berkelompok kami juga mempresentasikan hasil kerja kelompok kami dan mendapat umpan balik yang positif dari fasilitator. Saat masuk alur demonstrasi kontekstual, kami diminta untuk membuat sebuah program sekolah secara individu. Kami membuat individu namun dikembangkan dari hasil diskusi kelompok saat ruang kolaborasi. Program yang sudah disusun dalam demonstrasi kontekstual nantinya itu juga yang akan dipraktikkan untuk melengkapi tugas aksi nyata modul 3.3.
2. Feelings (Perasaan)