Lihat ke Halaman Asli

Juniffer Cristin

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mengenal Perbedaan SEO dan SEM

Diperbarui: 5 Oktober 2021   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: getfoundquick.com

Saat kita menggunakan website untuk menulis, kita pasti ingin tulisan kita untuk dibaca banyak orang. SEO dan SEM merupakan dua upaya yang harus kita perhatikan saat menggunakan website, agar website kita bisa dilihat lebih banyak orang.

SEO dan SEM merupakan dua singkatan yang mungkin tidak terlalu familiar di kalangan masyarakat biasa. Namun, bagi orang-orang yang bekerja dengan menggunakan website atau orang-orang yang familiar dengan website dan sejenisnya, pasti singkatan ini sering mereka dengar.

SEO atau Search Engine Optimization, merupakan sebuah singkatan yang sangat terkenal di kalangan designer website profesional ataupun individu yang suka menggunakan website dan memiliki homepage sendiri. SEO secara harfiah bisa diartikan sebagai mengoptimalkan mesin pencarian. 

SEO sendiri merupakan proses yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan ranking faktor mesin pencarian, agar bisa berada di peringkat atas mesin pencarian untuk pencarian yang ditargetkan. 

Bisa dikatakan proses dalam upaya untuk mengoptimalkan website yang kita punya agar bisa muncul di tempat paling atas di mesin pencarian. 

Melakukan design, penulisan, hingga html-coding pada website sangat penting untuk mewujudkan hal ini. Semakin optimal SEO kita maka semakin besar juga kemungkinan bagi website kita untuk diketahui banyak orang.

SEM atau Search Engine Marketing, merupakan istilah umum yang meliputi SEO dan PPC. Artinya adalah upaya untuk mengoptimasi website kita agar muncul paling atas di mesin pencarian, dengan menggunakan iklan. 

Jadi walaupun keduanya sama-sama untuk mengoptimasi website kita di mesin pencarian, terdapat perbedaan antara SEO dan SEM yaitu, SEM menggunakan trik-trik mengiklan di website dalam upaya nya seperti Pay Per Click (PPC), sedangkan SEO tidak. Tentu saja hal ini membuat SEM harus mengeluarkan biaya. 

Penting bagi kita untuk mengoptimalkan kedua hal ini, karena saat orang melakukan pencarian di mesin pencarian, seperti google misalnya, hanya ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. 

Mereka akan menemukan kita atau mereka akan menemukan pesaing kita. Selain itu posisi teratas dalam mesin pencarian akan lebih cenderung dibuka daripada yang di bawah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline