Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Diperbarui: 13 September 2023   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Saat ini saya akan menuliskan ringkasan materi yang saya dapat pada Pembelajaran TIK di kampus saya.
Pada tanggal 12 September 2023 kami mahasiswa PGSD kelas 7C telah mempelajari Mata Kuliah TIK yang kami pelajari yaitu: short key, cara membuat daftar nilai dan cara penggabungan word dan excel.
Untuk short key yang kami pelajari yaitu:
- Ctrl+A = Memblok semua tulisan di word
- Ctrl+B = Menebalkan huruf di word
- Ctrl+C = Mengkopi kalimat
- Ctrl+D = Memilih font
- Ctrl+E = Membuat teks rata tengah
- Ctrl+F = Pencarian teks
- Ctrl+G = Berpindah halaman
- Ctrl+H = Mencari dan mengganti teks
- Ctrl+I = Membuat teks miring  
- Ctrl+J = Membuat teks rata tengah
- Ctrl+K = Menyisipkan link
- Ctrl+L = Membuat teks rata kiri
- Ctrl+M = Memindah indent sebanyak default tab
- Ctrl+N = Membuat file baru
- Ctrl+O = Membuka file
- Ctrl+P = Mencetak dokumen untuk di print
- Ctrl+Q = Mengembalikan indent ke posisi awal
- Ctrl+R = Membuat teks rata kanan
- Ctrl+S = Menyimpan dokumen
- Ctrl+T = Memindahkan tab hanging indent
- Ctrl+U = Membuat teks garis bahwa
- Ctrl+V = Menempel teks atau gambar
- Ctrl+W = Menutup dokumen
- Ctrl+X = Memindah teks atau gambar
- Ctrl+Y = Membatalkan perintah undo
- Ctrl+Z = Membatalkan perintah
- Shift F3 = Memperbesar atau memperkecil huruf.

Dan untuk Cara membuat daftar nilai di Excel yaitu:
Pertama buka aplikasi Microsoft Excel dan buat kolom untuk menulis NO, Nama, Mata pelajaran dan jumlah. Untuk membuat kolomnya yaitu dengan menggabungkan cell yang berkaitan dan pilih merge and center setelah itu  penggabungan sukses. Setelah selesai kita bisa mengisi nama-nama dan nilai. Setelah selesai mengisi nilai di setiap mata pelajaran baru kita mencari Jumlah, Nilai Minumum, Nilai Maimal dan Rata-rata.  Untuk mencari yaitu dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
1.Jumlah : =SUM(C3:C12)
2.Minimum : =MIN(C3:C12)
3.Maximal : =MAX(C3:C12)
4.Rata-rata : =AVERAGE(C3:C12)

Selanjutnya Menggabungkan file Excel ke Word yaitu:
Yang pertama harus menyimpan file excel terlebih dahulu, setelah itu pindah ke word dan buat tabel. Setelah selesai membuat tabel barulah kita mengisis kolom pertama dengan NO, Mata pelajaran, Nilai dan Rata-rata dan untuk kolom NO dan kolom Mata pelajaran disi manual seperti di file excel. Setelah itu untuk menggabungkan file excel dengan cara klik (Malings) setelah itu klik (Select Recipients) lalu pilih (Use an Existing List) dan pilih file excel yang sudah di buat tadi setelah dipilih klik open lalu klik oke. Setelah itu klik (Insert Merge Field) dan akan muncul beberapa pilihan seperti No, Nama, Daftar nilai, F1, F2, F3, F4, F5, F6, F7, F8 dan seterusnya sesuai file yang dibuat di excel, lalu masukkan satu persatu di kolom nilai mulai dari daftar hadir sampai kolom nilai sudah tidak ada, Setelah selesai klik (Preview Results) lalu klik tanda segitiga miring untuk melihat nilai-nilainya. Dan Penggabungan file Excel ke Word selesai.

Demikianlah pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah dipelajari, dan setelah saya meempelajarinya ternyata saat mudah untuk membuatnya dan bisa saya  pakai ketika saya akan terjun kedunia pekerjaan untuk menjadi seorang guru dalam membuat daftar nilai. Dan Pembelajaran TIK ini di ajarkan oleh dosen cantik kami yaitu Ibu Dr. Juliana Margareta Sumilat, M.Pd. Demikianlah bloger saya jika ada kesalahan mohon dimaafkan yaa, Sekian dan Terima kasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline