Lihat ke Halaman Asli

Junica Andhiny

Universitas Diponegoro

Dukung Digitalitasi Desa, Mahasiswi KKN Undip Bantu Desa Kleteran dalam Edukasi Pembuatan dan Penggunaan Website Berbasis Geospasial (WebGIS)

Diperbarui: 12 Februari 2024   23:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi, 2024

Magelang (30/1/2024). Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro (Undip) Tahun 2023/2024 di Desa Kleteran, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang telah membantu Desa Kleteran untuk merancang dan mengembangkan sebuah inovasi berupa WebGIS yang dapat menyajikan informasi spasial berupa batas administrasi desa dan persebaran fasilitas umum desa. Program yang berupa edukasi pembuatan dan penggunaan WebGIS ini bertujuan untuk membantu Desa Kleteran dalam melakukan digitalitasi informasi agar memudahkan masyarakat dan publik untuk mengakses informasi geospasial secara cepat.

Perangkat Desa Kleteran mengajukan permintaan untuk dibuatkan sebuah peta persebaran fasilias umum yang terdapat di Desa Kleteran untuk pengembangan sarana prasarana desa kedepannya. Selain itu, Desa Kleteran juga belum memiliki peta administrasi yang lengkap dengan batas dusun, jaringan jalan, dan sungai yang berada di Desa Kleteran. Oleh karena itu, Mahasiswi KKN Tim 1 Undip Tahun 2023/2024 merancang program tersebut dengan sedikit inovasi, yaitu digitalitasi peta berupa WebGIS.

Website Geographic Information System atau WebGIS merupakan sebuah pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi sehingga dapat menyajikan beberapa informasi spasial berupa batas wilayah desa, batas dusun, jaringan jalan, sungai, dan sebaran fasilitas umum desa. Dengan adanya WebGIS ini, mahasiswa KKN telah menciptakan platform yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat untuk menyediakan informasi geografis terkait Desa Kleteran. 

Selain membuat WebGIS untuk Desa Kleteran, Mahasiswi KKN Undip juga memberikan edukasi kepada perangkat desa terkait bagaimana cara pembuatan WebGIS secara mudah dan gratis serta penggunaan fitur – fiturnya. Salah satu fitur yang paling menarik adalah WebGIS ini dapat terintegrasi dengan Google Maps. Pengguna dapat memilih salah satu lapisan yang terdapat pada website kemudian akan terintegrasi dengan Google Maps sehingga dapat menampilkan rute dari lokasi pengguna menuju titik lokasi yang dipilih pengguna sebelumnya pada WebGIS.

Dokumentasi Pribadi, 2024

Kegiatan edukasi terkait pembuatan dan penggunaan WebGIS ini dilaksanakan di Balai Desa Kleteran pada hari Selasa (30/01/2024). Kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar karena antusiasme dari peserta kegiatan, yaitu Perangkat Desa Kleteran yang sangat tertarik dengan WebGIS sehingga ingin memperdalam pengetahuan terkait WebGIS. WebGIS ini juga dibuat agar dapat digunakan secara berkelanjutan (sustainable) kedepannya dan harapannya juga dari perangkat Desa Kleteran dapat menambahkan fitur – fitur lainnya yang dapat ditampilkan pada WebGIS Desa Kleteran agar lebih menarik untuk dikunjungi.

WebGIS Desa Kleteran dapat diakses menggunakan link sebagai berikut.

https://desakleteran-grabag.gis.co.id/ 

dok. pri

Penulis : Junica Andhiny (Perencanaan Wilayah dan Kota - Fakultas Teknik)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline