Lihat ke Halaman Asli

Sekring Listrik Otomatis Aman Dari Petir

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Musim hujan biasanya banyak terjadi musibah, dari tanah longsor, angin puting brliung, banjir dll. Namun ada yg perlu diwaspadai yaitu bahaya PETIR. Petir juga sangat berbahay apa bila mengenai manusia ataupun pohon di lingkungan kita.

Baru kemaren  terjadi petir  menyambar mengenai pohon kelapa, akibatnya hampir satu RW  perkakas elektronik (Yg colokannya masih menempel listrik) milik tetangga pada kebakar, tv, radio, CD, kulkas kipas angin, AC dll. Kemudian saya melakukan pendataan  yg kena musibah, awalnya  saya hanya ingin membantu memperbaiki sekiranya saya bisa atau setidaknya memberi saran  bila barangnya masih bergaransi.

Namun diluar dugaan saya menemukan catatan bahwa yang luput dari musibah ini (ada 6 rumah dari 43 rumah) semua menggunakan sekering otomatis termasuk rumah mertua saya. Jadi ada 37 rumah yang kena semuanya menggunakan sekering biasa.

Ini hanyalah sebuah pengalaman yang kebetulan,  benar dan tidaknya  saya tidak bisa menjelaskan secara ilmiah, mau ujicobapun  kesulitan sebab tetangga saya tidak menginginkan petir seperti itu terjadi lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline