Lihat ke Halaman Asli

Junanto Herdiawan

TERVERIFIKASI

Kelompok Kompasianer Mula-Mula

Aneka Kit Kat Rasa Jepang

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12956548751744294461

[caption id="attachment_85061" align="alignleft" width="300" caption="Aneka Kit Kat Jepang / photo Junanto"][/caption]

Tulisan ini bukan tentang iklan salah satu produk. Namun tak dapat dipungkiri, inilah salah satu simbol kreativitas dan keunikan Jepang. Orang Jepang memang tak pernah habis dengan ide kreatif. Bukan hanya di bidang tekhnologi, di bidang penganan kecil, inovasi juga dilakukan. Salah satu yang menarik dan menjadi "fenomena nasional" di Jepang adalah inovasi rasa dari coklat wafer "Kit Kat". Hampir setiap teman atau orang Indonesia yang mampir ke Jepang pasti memburu Kit Kat sebagai oleh-oleh.

Apa istimewanya Kit Kat Jepang? Kalau di Indonesia hanya ada satu rasa Kit Kat (rasa coklat wafer), di Jepang ada lebih dari 20 rasa. Bahkan kalau dirunut secara sejarah, ada sekitar 80 rasa Kit Kat yang pernah diciptakan di Jepang. Aneka ragam rasa tersebut menjadikan Kit Kat sebagai oleh-oleh paling eksotis dari Jepang.

Apa saja rasa Kit Kat yang ada di Jepang? Sepanjang yang saya temukan, mulai dari strawberry, green tea, apel, almond, jeruk, kentang, jagung bakar, miso sup, shoyu atau kecap asin, hingga wasabi dan melon. Eksotis bukan? Tapi, tahukah kamu rasa kit kat apa yang paling populer di Jepang? Menurut info dari pabrikannya, ternyata bukan rasa strawberry atau green tea, melainkan shoyu. Bisa dibayangkan gak sih makan Kit Kat rasa kecap asin? hehehe. Tapi begitulah kenyataannya, penjualan tertinggi Kit Kat di Jepang adalah rasa kecap asin.

[caption id="attachment_85074" align="alignright" width="300" caption="Ragam Rasa / photo Junanto"]

129565619770744270

[/caption] Hal menarik dari aneka ragam Kit Kat di Jepang adalah perkara lokalitas rasa. Kamu tak bisa mendapatkan berbagai rasa Kit Kat tersebut dengan mudah setiap saat. Hal ini karena aneka rasa Kit Kat itu hanya diproduksi di satu wilayah tertentu dan satu musim tertentu. Di daerah Hokkaido, diciptakan Kit Kat rasa melon dan jagung bakar. Di Tohoku, ada Kit Kat rasa kacang polong dan cherries. Di Pulau Kyushu, ada Kit Kat rasa buah yuzu dan kentang merah. Di Tokyo, ada Kit Kat rasa ubi manis, cheese blueberry, soybean, jeruk, lemon cola, wasabi, dan tentu kesukaan saya, yaitu ... green tea. Hanya beberapa rasa kit kat, seperti rasa Green Tea, yang diproduksi sepanjang tahun. Selebihnya, seperti jodoh-jodohan saja menemukannya.

Apa rahasia sukses Kit Kat di Jepang sehingga bisa mengeluarkan aneka rasa tersebut? Menurut cerita teman-teman, kalimat Kit Kat kalau dibaca dalam bahasa Jepang menjadi "Kitto Katsu", artinya semacam "Semoga Sukses", atau secara harfiah "Kamu pasti Bisa!!". Inilah yang menyebabkan Kit Kat jadi semacam "jimat" bagi anak-anak di Jepang kalau mau ujian. Kit Kat juga dimakan sebagai lambang peruntungan bagi mereka.

Jadi, kalau anda main ke Jepang, tak perlu bingung mencari oleh-oleh. Kitto Katsu, Ayo Kamu Bisa !!

Inilah aneka rasa yang pernah saya temukan dan cicipi. Salam.

[caption id="attachment_85064" align="aligncenter" width="300" caption="Kit Kat rasa Wasabi / photo Junanto"]

12956550961656585587

[/caption]

[caption id="attachment_85066" align="aligncenter" width="300" caption="Rasa Green Tea / photo Junanto"]

1295655296717488889

[/caption]

[caption id="attachment_85068" align="aligncenter" width="300" caption="Rasa Jeruk / photo Junanto"]

12956553942032088860

[/caption]

[caption id="attachment_85069" align="aligncenter" width="300" caption="Ada rasa Melon, Ubi Jepang, dan Bluebery Cheesecake / photo Junanto"]

1295655807371812396

[/caption]

[caption id="attachment_85071" align="aligncenter" width="300" caption="Rasa Cola, Almond, dan Ubi / photo Junanto"]

12956555741475743693

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline