Sebagai Negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di-dunia, Indonesia layak menjadi rool medel kehalalan prodak industry apapun. Konsumsi, jasa, treding, traveling, property, perhotelan dan lain-lain adalah lahan empuk yang kalau diberikan lebelisasi IndustriHalalIndonesiaMendunia pasti layak jual dan laku dipasaran internasional. Secara kasat mata kwantitas dan kwalitas prodak dibelantika bisnis internasional akan mengikuti trend konsumen di-negara mana prodak tersebut marketnya paling dominan. Indonesia memenuhi pra-syarat tersebut.
Tantangannya menentukan jenis bisnis apa yang akan dijadikan roller model yang secara international market tidak memiliki resistance tinggi dari sisi ideological and racial isms, tentu tidak mudah namun peluangnya besar. Pariwisata misalnya; baik tempat, fasilitas sarana pendukung, makanan, keragaman budaya yang mendukungnya akan dengan mudah diterima IndustriHalalIndonesiaMendunia oleh para wisatawan apalagi jika dikemas dengan kearifan local yang santun, ber-etika jauh dari aroganisme. Pada dasarnya semua orang butuh privasi, kenyamanan dan jauh dari kekhawatiran baik dari sisi keamanan maupun kesehtan. Lebelisasi IndustriHalalIndonesiaMendunia adalah jaminan yang akan berbicara sendiri dikancah internasional. Pada brend prodak halal Majelis Ulama Indonenesi (MUI) pasti mengedepankan terminology landasan dan filosofi doktriner kitab suci dan sumber-sumber lain yang tidak bertentangan dengan hajat hidup orang banyak, kenyamanan dan transparansi komponen prodak yang pasti sudah lolos ujiprofitoratirium and medical.
Dari mana memulai? Ini pertanyaan mendasar yang menjadi pekerjaan rumah para international marketers kita. Daya tarik wisata negeri kita di berbagai bidang dengan prodak dan keunikannya masing-masing bisa menjadi pintu masuk promosi prodak IndustriHalalIndonesiaMendunia kita. Indonesia harus mempersiapkan infrastruktur, sumber daya manusia, kursus dan pelatihan dasar dan adven di bidang marketing baik ditingkat pendidikan menengah dan perguruan tinggi. Kita harus focus diipen-ipen promosi terstruktur didalam dan luar negeri dengan penuh kepercayaan diri menawarkan prodok yang berlebelisasi halal tanpa keraguan. Hal tersebut bisa dilaksanakan tanpa beban kalau kwalitas mutu prodak sudah prima memenuhi international standards.
Prodak kerajinan local furnitures, handi kraf, dengan bahan local yang bermutu dan melimpah di Negara kita akan menjadi primadona kalau diberikan IndustriHalalIndonesiaMendunia. Lebih-lebih kalau disertai lebelisasi legal loging dari lembaga yang kompeten akan lebih meyakinkan konsumen dalam memakai prodak IndustriHalalIndonesiaMendunia.
Perbankkan Syariah juga diminati oleh para investor asing untuk berinvestasi. Terbukti Bank Tabungan Negara Syariah (BTN Syariah), Panin bank Syaria, Bank Muamalat Indonesia adalah segelintir bank yang sahamnya sudah didominasi investor asing. Otomatisasi sistem syariah yang pasti halal mendunia akan lebih elegan ditawarkan di bursa saham internasional. Dukungan pemerintah kita dengan mengeluarkan sukuk sebagai 'Indonesia Sukuk Index (ISIX) sebagai acuan kinerja pasar surat utang atau obligasi di Indonesia sekaligus bagian dari strategi pendalaman pasar keuangan syariah'. Intrumen-instrumen tersebut diatas modal besar bagi bangsa kita dalam memasarkan IndustriHalalIndonesiaMendunia.
Integrity and loyalty pemangku kebijakan terutama mentalitas sumberdaya manusia yang berkomkomoeten menawarka podak syariah dengan standar international market adlah syarat utama keberhasilan kita. Dukungan regulation and security invstasi adalah sisi lain yang tidak bida diabaikan dalam mendukung kesoksesan IndustriHalalIndonesiaMendunia INDONESIA PASTI BISA.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H