Lihat ke Halaman Asli

Kenapa Harus Hormat dengan Orang yang Lebih Tua?

Diperbarui: 6 Januari 2023   05:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebelum membahas lebih lanjut tentang alasan untuk menghormati orang tua, mari kita cari tahu terlebih dahulu arti dari hormat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hormat artinya adalah menghargai (takzim, khidmat, sopan). Jadi, menghormati orang yang lebih tua sama artinya dengan menghargai mereka.

Lantas kenapa ya kita harus hormat sama orang yang lebih tua? Misal orang tua, guru, kakek, nenek, kakak, paman, bibi, dan tetangga yang lebih tua.

Setelah membaca dari berbagai sumber, alasan pertama yang paling banyak ditemukan adalah karena orang yang lebih tua (khususnya orang tua--ibu dan ayah) telah melahirkan dan merawat kita hingga dewasa.

Alasan kedua, karena orang tua memang layak dihormati. Kebanyakan orang yang lebih tua dari kita lebih awal menimba ilmu, sehingga lebih sering menasihati kita tentang hal baik dan buruk dalam kehidupan--intinya mereka adalah panutan yang layak dihormati.

Alasan ketiga, sudah menjadi tradisi bagi masyarakat kita bahwa yang lebih tua memang patut untuk dihormati. Benar, hal ini dapat dilihat dari kebiasaan yang terdapat di masyarakat. Misalnya terbiasa mempersilahkan orang tua untuk makan terlebih dahulu, mengatakan "permisi" saat berjalan di depan orang tua, bantu orang tua beberes rumah, berbicara dengan kalimat sopan, dan berpamitan saat akan bepergian.

Jadi, itulah 3 alasan mengapa kita harus hormat kepada yang lebih tua.

Selamat membaca, semoga bermanfaat ya :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline