Pandemi virus covid-19 suatu keadaan yang menjadi tantangan bagi seluruh orang di dunia khususnya dalam menjalankan aktivitas, banyak keluhan banyak pula yang ingin menyerah dengan keadaan yang sangat tampak adalah keluhan dalam aspek ekonomi yang banyak mengalami penurunan dalam pendapatan keuagannya, maka dari itu perlu adanya solusi dan inovasi dalam menutupi keluhan dan keberatan bagi orang-orang yang sangat merasakan dampaknya.
Aktivitas perekonomian yang terhambat menjadi tantangan yang sangat membutuhkan suatu solusi untuk menutupinya meskipun tidak secara sempurna, karena dengan melihat keadaan yang terjadi maka banyak yang terdamapak dalam lemahnya aspek ekonomi bagi masyarakat, sehingga masyarakat harus benar-benar berpikir untuk menjalani kehidupannya agar perekonomiannya kembali stabil seperti semula, tentunya bukan hal yang mudah dalam mengembalikan perekonomian yang melemah apalagi dalam skala yang besar.
Ekonomi digital yang menjalankan peran aktivitas perekonomian dengan menggunakan bantuan media digital atau teknologi informasi dan komunikasi bisa menjadi peluang besar dalam membantu memulihkan ekonomi dan menjalankan aktivitas perekonomian dengan cara lebih nyaman dan lebih mudah dalam hal memenuhi kebutuhan apapun baik kebtuhan hidup atau kebutuhan untuk memulai aktivitas perekonomian seperti berjualan produk apapun yang layak untuk diperjual belikan.
Adanya digitalisasi ekonomi ini membuka dampak positif yang sangat besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat baik dalam kebutuhan yang besar maupun kecil sekalipun, karena dengan begini masyarakat hanya memanfaatkan media digitalnya untuk mengakses apa yang dibutuhkannya meskipun diakses sambil rebahan apapun bisa didapatkan selama masih ada uang sebagai alat pembayaran, kesulitan-kesulitan dalam menjalankan aktivitas ekonomi kini bisa dipermudah dengan adanya digitalisasi ekonomi hal ini merupakan suatu peluang besar bagi siapapun dalam ikut serta berperan aktif dalam aktifitas ekonomi untuk menumbuhkan laju perekonomian yang diinginkannya.
Seseorang yang awalnya harus menempuh jarak dalam memenuhi kebutuhan ekonominya kini tidak usah meluangkan waktu dan tenaganya untuk memenuhinya cukup miliki apa yang dibutuhkan sebagai akses dalam media digitalnya sehingga nantinya bisa membawa akses pada tujuan yang menjadi kebutuhannya, selain itu kemudahan yang diberikan juga bisa memberi dampak produktifitas seseorang dalam menjalankan aktivitas perekonomian agar tidak selalu menjadi konsumen aktif namun juga harus diseimbangkan dengan produktifitasnya apalagi pada masa pandemi seperti saat ini, jiwa produktifitas harus benar-benar dilatih dan dikembangkan apalagi digital ekonomi sudah menjadi kemudahan, sipapun harus benar-benar bisa memanfaatkan apa yang telah menjadi kemudahan ini.
Dengan adanya ekonomi digital pada saat pandemi seperti ini yang mengharuskan kita untuk berdiam diri dirumah, (atay at home) maka ekonomi digital disini memberikan kemudahan, saat ini hampir setiap lapisan masyarakat memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan berbagai hal, termasul jual beli. Selama masa pandemi ini, ada banyak kebijakan dari pemerintah, yang mengharuskan kita bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, maka kita lihat kebanyakan bisnis yang bersifat instan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari hari, kepraktisan dan efisiensi merupakan alasan kenapa sistem dengan teknologi online ini sangat sering dimanfaatkan masyarakat, terlebih lagi begi pengguna internet aktif yang menggunakan smartphone di indonesia sangat besar, Belanja. Online saat ini sangat ramai dikalangan masyarakat, Mulai dari anak remaja hingga orang tua yang mengerti dengan penggunaan smartphone. Dari sebagian orang, belanja online merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kehidupannya sebagai pengguna smartphone. Banyaknya tawaran gambar yang menarik, bahkan belum tau akan bahannya konsumen tetap belanja online. Harga yang terjangkau pada online shop menjadikan masyarakat Tertarik untuk belanja dan keinginan untuk menjadikan dirinya seperti yang ada pada gambar. Dalam perubahan gaya aktifitas masyarakat dalam belanja online kini tidak lagi berasal dari berbagai usia remaja hingga dewasa. Kegiatan belanja menjadi kegiatan pokok dalam komsumsi dengan gaya hidup. Bertujuan untuk menunjukkan data dirinya terhadap lingkungan sekitar. Masyarakat pembeli tidak memiliki skala prioritas mengenai mana kebutuhan dan keinginan. Apalagi penawaran yang diberikan oleh online shop dengan harga dan kualitas yang Bagus. Yang belum tau gambar yang dipromosikan sama dengan barang aslinya. Akan tetapi konsumen tersebut seolah melihat suatu produk yang ada dalam gadget sebagai kebutuhan trend. Dari sini sudah terlihat jelas bahwasanya ekonomi digital adalah salah satu solusi dimasa pandemi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H