Lihat ke Halaman Asli

Jumari Haryadi Kohar

TERVERIFIKASI

Penulis, trainer, dan motivator

Tugu Eksotis yang Menjadi Ikon Kotabumi

Diperbarui: 15 Juli 2015   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Suasama bersih dan indah di salah satu sudut jalan di tengah Kota Kotabumi, Lampung Utara (Sumber foto: Photobucket.com)"][/caption]

Oleh: J.Haryadi

Pernahkah anda berkunjung ke Kotabumi? Kota kecil ini terletak di Provinsi Lampung dan merupakan ibukota Kabupaten Lampung Utara. Kota berpenduduk ± 146.029 jiwa (sensus 2010) ini mempunyai luas wilayah 338,52 km².

Salah satu ciri khas kota ini adalah kebersihannya. Jika anda berjalan mengelilingi Kotabumi, sangat sulit melihat sampah dijalanan. Hal ini tidak lain berkat kebijakan Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara. S.STP, M.H., yang begitu peduli dengan kebersihan lingkungann. Bahkan bupati termuda se-Provinsi Lampung tersebut memberikan bendera hitam sebagai hukuman bagi kantor SKPD yang dinilainya buruk dalam menjaga kebersihannya.

Selain kebersihannya, kotabumi juga mempunyai ciri khas berupa 3 buah tugu yang terletak tengah kota. Ketiga tugu tersebut adalah Tugu Pembangunan, Tugu Payan Mas dan Tugu Alamsyah Ratu Prawiranegara. Keberadaan tugu-tugu tersebut telah menambah kecantikan wajah Kotabumi, sebagai sebuah kota yang multi etnis.

Tugu Pembangungan  

[caption caption="Tugu Pembangunan yang terletak di tengah Kota Kotabumi (sumber foto: J.Haryadi)"]

[/caption]

Tugu Pembangunan terletak di bundaran tengah kota, tidak jauh dari Pasar Dekon Kotabumi. Tugu berbentuk dua orang pemuda berotot tanpa baju yang tengah berjuang keras mendirikan tiang tersebut  dibangun sekitar tahun 1978-1979. Tujuan pembuatan tugu tersebut adalah sebagai simbol persatuan, kesatuan, dan gotong royong masyarakat Kotabumi yang sedang giat membangun daerahnya.

Menurut  Saleh Ahmad, yang merupakan salah satu pejuang kemerdekaan dan pernah ikut terlibat dalam proses perencanaannya, Tugu Pembangunan tersebut dibangun pada masa pemerintahan Bupati Masno Asmono. Saat itu dirinya menjabat sebagai Kepala Ketertiban, Pamong Praja dan Kabag Umum Pemda Lampung Utara.

Sementara itu menurut Kepala Bapeda Lampung Utara, Ir. H. Azwar Yazid, M.M., persis di tempat Tugu Pembangunan tersebut berdiri, dulunya pernah ada sebuah tugu bernama Tugu Merdeka. Bentuk Tugu Merdeka berupa sebuah tiang persegi empat yang diatasnya berbentuk lancip menyerupai ujung pensil.

Tugu Merdeka dibuat untuk mengenang sebuah pristiwa bersejarah yaitu tempat diadakannya Pengumuman Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk pertama kalinya di Kabupaten Lampung Utara. Orang yang mengumumkannya adalah almarhum R. Husen Thoyib yang merupakan salah seorang pahlawan kemerdekaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline