NAMA: JUMARI, S.S
CGP ANGKATAN 10
SMP NEGERI 1 SEBATIK BARAT
PENGAJAR PRAKTEK: AMIRULLAH
FASILITATOR: HETINIAH
Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Perkenalkan Saya Jumari, S. S CGP angkatan 10 Tahun 2024 dari SMP Negeri 1 Sebatik Barat Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara
Jurnal dwi mingguan ini merupakan jurnal kesepuluh yang saya tulis untuk mencatat hasil proses belajar yang saya alami selama dua minggu mempelajari modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid, pada Program Pendidikan Guru Penggerak.
Pada penulisan jurnal ini saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yang mencakup: 1). Fact, 2). Feeling, 3). Findings, dan 4). Future (4F). Yang diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa, 2. Perasaan, 3. Pembelajaran, dan 4. Penerapan). Agar lebih mudah dipahami, model 4P ini diubah menjadi pertanyaan-pertanyaan berikut :
1) Apa yang saya alami ? ( Peristiwa );
2) Apa yang saya rasakan ? (Perasaan,);
3) Apa yang saya dapatkan? (Pembelajaran); dan
4) Apa yang akan saya lakukan? ) (Penerapan)
Berikut ini hasil refleksi saya selama mengikuti pembelajaran 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.
1.Fact ( Peristiwa)
Apa yang saya alami ?
Seperti pada 9 Modul sebelumnya pada saat mempelajari modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid tetap menggunakan alur M-E-R-D-E-K-A dengan kegiatan sebagai berikut :
*M : Mulai dari diri & Eksplorasi konsep- Mandiri
*E: Eksplorasi konsep- Forum diskusi
*R: Ruang Kolaborasi
*D: Demontrasi Kontektual
*E: Elaborasi Pemahaman
*K: Koneksi Antar Materi
M: Mulai dari diri, Eksplorasi konsep-Mandiri
Tanggal 26 Agustus 2024 saya memulai mempelajari modul 3.3 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya di LMS dengan Mulai dari diri & Eksplorasi konsep Mandiri , saya belajar secara mandiri di LMS , dengan melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid. Melakukan refleksi terhadap pengalaman yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab 7 pertanyaanYang dijawab langsung di LMS.
E: Eksplorasi konsep- Mandiri- Forum diskusi.
Eksplorasi konsep- Mandiri dan Eksplorasi konsep- Forum diskusi tanggal 27 -- 29 Agustus 2024. Pada eksplorasi konsep secara mandiri belajar, berdikusi dan berefleksi, untuk mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:
*kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
*suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
*lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
*pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
R: Ruang Kolaborasi
Ruang kolaborasi sesi diskusi dilaksanakan tanggal Jumat 30 Agustus 2024, kami tergabung pada kelas 10.1 mendapat giliran vicom jam 14.00- 16.15, bersama ibu Fasilitator hebat kami Ibu Hetiniah, dan Pengajar Praktek Bapak Amirullah. Bersama anggota kelompok berkolaborasi merancang gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid. Bersama Ibu Sukma, Ibu Ayuqnita Bakri dan Ibu Syahriana kami berkolaborasi dengan menggunakan Canva merancang program sekolah Friday English Zone ( FrEnZ)