NAMA: JUMARI, S.S
CGP ANGKATAN 10
SMP NEGERI 1 SEBATIK BARAT
PENGAJAR PRAKTEK: AMIRULLAH
FASILITATOR: HETINIAH
Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Guru Penggerak
Tujuan Pembelajaran Khusus pada Koneksi antar Materi Modul 3.3. Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid adalah : CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.
Berikut ini adalah jawaban saya atas pertanyaan-pertanyaan memandu saat melakukan Refleksi :
A.Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar
Pengalaman/materi pembelajaran yang baru saja saya peroleh dalam mempelajari modul 3.3 tentang pengelolaan program yang berdampak positif pada murid adalah memperoleh ilmu baru lewat pembelajaran dengan menggunakan alur Merdeka.
Modul ini menekankan bahwa guru harus menciptakan program yang melibatkan murid dalam setiap aspek, baik intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Ketika murid diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran, hubungan antara guru dan murid bertransformasi menjadi kemitraan, di mana murid memiliki suara, pilihan, dan kepemilikan atas pembelajaran mereka.
Dengan demikian, diharapkan murid dapat mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, menyuarakan pendapat (voice), menentukan pilihan (choice) dan melakukan kegiatan yang telah dipilih sebagai perwujudan dari rasa kepemilikan (ownership).
Selain itu, saya juga mepelajari dan mengidentifikasi aset aset komunitas, dalam hal ini sekolah yang dapat dioptimalkan dalam mengembangkan kepemimpinan murid.