Lihat ke Halaman Asli

Jumardin Muchtar

Peneliti / Dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda

Retorika Dakwah

Diperbarui: 7 April 2022   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Retorika Dakwah (kumparan.com)

Semenjak memasuki bulan Ramadhan, Kita sebagai umat muslim tentunya sering mendengar ceramah yang disampaikan oleh para dai dan ulama dengan pembahasan tertentu. 

Hal ini merupakan kesempatan untuk mengambil hikmah apa yang disampaikan oleh beliau, maka sungguh rugi jika hal itu dilewatkan begitu saja. 

Betapa banyak orang-orang yang ingin mendengar ceramah tapi belum diizinkan oleh Allah SWT karena terkendala beberapa halangan contohnya sakit, maupun udah takdirnya ia menghadap kepada Allah SWT. 

Maka syukurilah apa yang kita nikmati untuk bertakwa kepada Allah SWT, karena kita sebagai manusia tidak akan pernah mengetahui sampai mana batas usia kita  dalam menjalani kehidupan dunia ini. 

Berbicara mengenai retorika adalah hal penting untuk diketahui sebagai muballigh untuk  bagaimana ia mengutarakan pesan-pesan kepada para pendengar agar mereka bisa memahaminya. 

Retorika dakwah merupakan seni bicara atau gaya bahasa seorang da'i untuk mempengaruhi orang lain melalui pesan dakwah atau seni berbicara dalam menyampaikan ajaran Islam dengan benar untuk mencapai kebenaran sesuai dengan tuntunan AlQur'an dan Al-Hadits.  Seorang dai itu memiliki gaya berbicara berbeda-beda. 

Ada banyak bumbunya, ada sedikit bumbunya dan adapula yang tidak ada bumbunya karena hal yang terpenting dalam dakwah adalah bagaimana kita bisa memberikan pemahaman kepada jamaah. 

Kesuksesan seorang dai dalam berdakwah lebih banyak  ditentukan oleh kemampuan retorika yang dimiliki oleh dai tersebut. Retorika dapat dikatakan sebagai alat dan saran untuk mencapai tujuan dakwah. 

Dengan kata lain keberhasilan dan kegagalan dai dalam berdakwah tergantung pada retorika dakwahnya. Unsur yang paling penting dalam retorika adalah bahasa, yaitu bahasa yang dikuasai dan mudah dicernah oleh audiens. 

Pemilihan jenis bahasa yang disampaikan oleh dai itu tergantung dengan kondisi atau kebahasaan sehari-hari mereka gunakan. Selain dari itu, perlu kita kita garisbawahi dalam berdakwah adalah kepekaan. 

Seorang dai harus melihat siapa yang akan hadir untuk mendengar hikmah kita, apakah masyarakat itu termasuk golongan pendidikan tinggi atau bukan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline