Bila bicara sebuah model bisnis dalam sebuah usaha tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah bagaimana kita mampu menjual produk kita atau jasa kita kepada konsumen
Sebuah perusahaan yang menghasilkan sebuah produk ingin menjual produknya ke konsumennya atau sebuah organisasi usaha yang menjual jasa tentu saja juga ingin memberikan jasanya kepada konsumennya
Intinya adalah bagaimana kita melihat sebuah peluang bisa menjual jasa atau produk kepada konsumen kita
Tentunya kita harus tahu target kita seperti apa diantaranya adalah bagaimana kita melihat segmentasi konsumen yang harus kita treatment atau memberikan pelayanan
Segmentasi konsumen merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sisi penjualan atau sistem penawaran sebagai contoh saja seseorang yang memiliki usaha jasa hukum tentunya Dia mempunyai segmentasi orang-orang yang berurusan dengan hukum atau perusahaan-perusahaan yang berurusan dengan hukum
Atau perusahaan lain misalnya seperti perusahaan mainan anak-anak Lego yang juga merupakan perusahaan yang cukup besar yang memasarkan mainan anak-anak pada segmentasi umur tertentu ke seluruh dunia
Dari dua hal tersebut kita akan bisa melihat perusahaan jasa yang memiliki segmentasi tertentu dari jenis usahanya juga perusahaan produksi mainan anak-anak yang memilih segmentasi tertentu dari usia
Sehingga kita bisa melihat segmentasi pasar seperti apa yang harus kita pahami selama ini contoh lain adalah misalkan kita menjual sebuah produk makanan tentu saja Kita juga harus berhati-hati dengan produk tertentu seperti menjual es krim pada anak-anak harus memiliki spesifikasi tertentu tentang es krim tersebut Tapi di lain sisi ada juga es krim yang hanya bisa dikonsumsi untuk usia usia dewasa karena kandungan makanannya atau mineralnya lebih tinggi
Jenis makanan lain misalnya kita dapat melihat makanan yang ada di daerah Indonesia mampu memberikan nilai penyedap makanan yang cukup tinggi seperti ada rasa cabai yang pedas tentu saja bila ini dijual di Eropa atau di Amerika kita tidak akan mendapatkan pasar karena tentu saja hal ini akan mengganggu kesehatan
Lain halnya sebuah produk misalnya kita bicara tentang sebuah produk donat di Indonesia yang cita rasanya pada produk tersebut sudah sangat berubah dari produk aslinya karena dijual di Indonesia apa yang berubah di dalamnya adalah rasa manis tingkat manis donat yang dijual di Indonesia oleh sebuah waralaba dankin donat memiliki tingkat manis yang cukup tinggi yang di negara lain tidak mendapatkannya
Dalam hal ini ada perubahan cita rasa yang harus diubah di Indonesia Hal tersebut diambil dari survei-survei dari jenis makanan-makanan kecil yang ada di Indonesia yang rata-rata mengandung nilai manis yang cukup tinggi