Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam kita merubah sebuah perusahaan berbasis manual menjadi berbasis sistem komputerisasi atau digitalisasi
Hal ini bisa kita lihat dari perkembangan yang akan dilakukan oleh sebuah perusahaan berbasis manual menjadi sebuah sistem berbasis sistem terintegrasi komputerisasi
Pada dasarnya sebuah perusahaan ingin menjadi sebuah perusahaan yang mampu mengambil keputusan secara cepat sehingga dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain atau terlihat memiliki teknologi komputerisasi dalam melayani customernya
Tapi terkadang hal ini menjadi bumerang bagi perusahaan tersebut bila tidak mengikuti aturan-aturan yang berlaku atau mempersiapkan diri pada era digitalisasi
Bagaimana itu bisa terjadi karena dalam mendesain sebuah sistem aplikasi atau sistem informasi diperlukan sebuah nilai perubahan pada setiap portofolio desain bisnis yang ada di dalam sebuah perusahaan
Perubahan portofolio bisnis dalam sebuah perusahaan yang biasanya dilakukan secara manual sekarang ingin dijadikan secara digitalisasi tentu hal ini tidak mudah
Perlu ada sebuah reset khusus untuk melihat kelayakan dari sistem yang akan dikembangkan terhadap perusahaan itu sendiri
Hal ini perlu riset mendalam terhadap pasar yang harus dideskripsikan secara model bisnis perkembangan teknologi yang harus dimiliki dan harus dibeli dalam bentuk infrastruktur software dan hardware pengelolaan sistem keuangan atau finansial yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk mengembangkan bisnis berdasarkan sistem digitalisasi dan perubahan-perubahan yang akan terjadi secara manajerial setelah digitalisasi dan prosesnya terbentuk.
Aspek lain yang perlu diperhatikan dalam melakukan studi berbeda-beda diantaranya adalah aspek hukum atau legalitas yang juga merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam era digitalisasi pada saat ini
Aspek ekonomi dan budaya dalam sebuah sistem perlu diperhatikan untuk mendapatkan dampak positif dalam pembentukan sistem dengan lingkungan sekitarnya atau lingkungan bisnis yang selama ini sudah dibangun
Aspek pemasaran atau pasar yang sudah dimiliki pada saat itu sehingga kita bisa mengerti bahwa pasar memerlukan sistem digitalisasi untuk mempercepat transaksi atau berbagai hal lain yang diperlukan untuk mengembangkan usaha atau bisnis