Lihat ke Halaman Asli

JW

Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Pengaruh Gadget terhadap Kesehatan

Diperbarui: 30 Maret 2022   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saya mengambil cerita dari beberapa orang yang pernah saya tanya dahulu waktu kasus anak-anak menjadi lebih hyper dan memberontak Ketika seseorang anak terlalu banyak main game dalam dunia komputer terutama gadget gadget yang menampilkan permainan permainan secara online 

beberapa kasus yang pernah saya juga tanya, Karena pada saat itu ada kesempatan saya bertanya sedang mengantar orang tua ke rumah sakit dan rumah sakitnya dekat dengan Rumah Sakit kejiwaan  di sana saya bertanya tentang kasus anak yang mendapatkan gangguan kejiwaan karena berhubungan dengan komputer atau game komputer atau game gadget ternyata di daerah kami Bogor itu sudah cukup banyak kasus hal tersebut terjadi dalam hal ini ini dokter menyarankan anak tidak sama sekali memakan gadget atau tidak memegang gadget dan memegang peralatan-peralatan elektronik terutama yang berbau dengan permainan karena ternyata secara psikologi anak tersebut telah mengalami gangguan jiwa dengan ciri-ciri sudah adiktif terhadap gamenya tidak dapat dipisahkan dengan permainan menjadi pemarah bila gamenya diambil atau gadgetnya diambil mempunyai masalah besar di dalam perkembangan pembelajaran di sekolah mengalami disorientasi networking dengan teman beberapa hal lain seperti menghabiskan waktu untuk bermain game sampai melupakan mandi makan belajar dan bekerja yang akhirnya menentang segala perintah orang tuanya

Hal ini terjadi pada anak-anak yang sedang bermain game tapi apakah orang dewasa juga bisa terganggu dengan gadget atau pekerjaan-pekerjaan dengan menggunakan peralatan elektronik Hal ini tentu juga sangat mempengaruhi beberapa pengertian mengatakan dari 10 orang yang menggunakan gadget atau elektronik lain untuk bekerja gangguan yang paling sering terjadi adalah penglihatan mata yang tentu harus dibantu dengan alat bantu atau kacamata kemudian sering pusing dan ada gejala migrain Kemudian beberapa orang terserang dengan vertigo dan ada gangguan gerakan motorik pada otot karena cenderung diam di depan sebuah monitor

Tentunya hal ini juga sudah diperhitungkan pada computer science and healthy di mana hubungan manusia dengan sebuah peralatan elektronik atau komputer sekarang merupakan bagian yang penting yang harus diperhitungkan pada era generasi digital ini nilai-nilai psikologi manusia berhubungan dengan komputer memang sudah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan sehingga beban yang diberikan sebuah perangkat dengan model struktur biologis manusia sudah dijadikan sedemikian rupa agar tidak terlalu membebani sehingga kalau di sebuah perangkat komputer berupa software beberapa hal secara psikologis tidak terlalu membebani pemakainya tapi tentunya banyak perangkat perangkat lunak yang tidak mendesain seperti itu karena kepentingan dan tujuan dari sebuah perangkat lunak yang berbeda-beda

Hal tersebut merupakan arti psikologi di mana manusia berhubungan dengan sebuah mesin hal lain yang di desain oleh Banyak pakar adalah ergonomik and human factor sebagai contoh sederhana adalah postur seseorang dalam menggunakan gadget terbaik adalah posisi duduk sehingga mata dan konstruksi tubuh tepat tapi sering kali kita memakai laptop atau gadget sambil tiduran Hal ini tentu tidak dianjurkan karena posisi tidur dari manusia adalah saat-saat beristirahat tapi ketika anda melakukan interaksi dengan peralatan Berarti ada ketegangan di otak anda yang memaksa anda untuk tidak tidur atau beristirahat dalam posisi istirahat ini akan menjadi sebuah gangguan dalam tubuh ketika anda menggunakan Gadget dalam posisi tidur selanjutnya adalah sosiologi yang sosial psikologi paling banyak di bahas pakar sosiologi 

Ketika seseorang yang sudah menggunakan banyak peralatan elektronik untuk berhubungan dengan orang lain menggantikan komunikasi verbal bertemu muka dengan menggunakan peralatan elektronik atau Diva sebagai perantara disorientasi sosial tentunya akan muncul ketika seseorang sudah terbiasa dengan peralatan elektronik diantaranya adalah lebih suka menyendiri dengan peralatan elektronik dibandingkan dengan bertemu teman atau rekan sejawat ini juga bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa ditambah dengan model pembelajaran yang sekarang tentunya adalah pembelajaran dengan menggunakan peralatan elektronik dalam faktor kognitif sains Hal ini membuktikan bahwa generasi sekarang lebih ih terpusat pada peralatan elektronik seseorang mengatakan pada saya pada sebuah pertemuan di rumah saya lebih suka orang melihat gadget dibandingkan berbicara Atau ngobrol langsung dengan anggota keluarga hal ini mengakibatkan sulitnya interaksi keluarga ketika mengalami kesulitan atau adanya masalah dalam keluarga terutama media-media sosial sekarang sudah menyiapkan konten-konten tertentu ketika anda ingin mengungkapkan perasaan atau lebih mengungkapkan dalam status-status media sosial tertentu tentu hal ini tidak dapat dibiarkan sebagai sebuah masalah yang besar dalam keluarga maka perlunya sebuah tempat dimana seseorang menjadi clear dengan segala macam gadget atau peralatan elektronik dan orang harus bisa berinteraksi dalam beberapa hal kita harus lebih mempersiapkan diri masuk ke dalam era yang lebih kompleks dengan gadget artinya proteksi di dalam sebuah lingkungan juga diperlukan jadi siapkan satu tempat yang namanya clear area dimana seseorang tidak boleh membawa gadget  tidak membawa peralatan elektronik dalam berkomunikasi dan disitu merupakan tempat berkomunikasi secara langsung pola ini efektif untuk mereset segala macam keperluan secara Humanis manusia berhubungan dengan manusia

Di beberapa negara maju sudah diterapkan juga bahwa kamar merupakan tempat yang steril di mana tidak ada peralatan elektronik yang yang masuk kedalam seperti misalkan handphone televisi atau gaming karena disitu tempat orang beristirahat hal ini aktif untuk menjaga keharmonisan didalam sebuah keluarga

Ada baiknya pada masa-masa kedepan kita sudah mulai menjaga nilai-nilai yang diperlukan untuk berkomunikasi secara wajar karena tentunya pada era kedepan akan semakin menggunakan peralatan peralatan elektronik dan gadget untuk menghadapi dan pembelajaran sehingga diperlukan kearifan yang lebih baik lagi dalam mempergunakan peralatan seperti ini

Kenapa ini menjadi sorotan pada masa sekarang karena tentunya peralatan elektronik berbasis smartphone saja Misalnya memang telah di engineering sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan dari para penggunanya dimana setiap kebutuhan itu itu secara mental seseorang berhubungan dengan gadget perhatian dan konsentrasi nya 40 sampai 70% pasti masuk kedalam dunia elektronik karena memang engineering menyajikan sebuah desain untuk menarik perhatian terutama untuk nilai-nilai digital zaman sekarang apalagi perkembangan zaman sekarang tidak lagi masuk ke dalam dunia tontonan bersifat broadcast tapi sudah main ke dunia yang disebut dengan streaming orang lebih banyak menggunakan Gadget untuk menonton dengan youtube-nya dengan tiktoknya dengan Facebooknya dengan berbagai media sosial dan aktif disana seperti Instagram karena memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan desain yang dibuat oleh para Developer memang dibuat sedemikian rupa supaya menarik perhatian pengguna sehingga konsentrasi pikiran pengguna harus ada di dalam video tersebut terkadang disediakan berbagai peralatan atau tools untuk memodifikasi sehingga seseorang harus berpikir keras untuk memodifikasi dan berkonsentrasi pada layar monitor yang cukup kecil kekuatan mata atau pikiran akan terpusat pada. Tertentu yang semakin kecil dan artinya membuat energi kita masuk kedalam energi tersebut perbedaan antara melihat sesuatu pandangan yang lebih besar lebih luas dibanding yang lebih kecil karena titik yang lebih kecil akan membuat kita fokus ke dalam sebuah konsentrasi di dalam hal  tersebut tapi yang lebih luas mungkin kita mendapat sedikit keleluasaan atau rileks hal ini akan mengganggu metabolisme juga di dalam peredaran darah manusia ketika seseorang tegang dalam melihat Sebuah layar monitor

Tentu saja faktor radiasi dari setiap layar monitor juga berbeda-beda tergantung dari keamanan dari sistem gadgetnya tersebut pengaruh-pengaruh keamanan tersebut sering diungkapkan para ilmuwan terhadap frekuensi yang dikeluarkan oleh sebuah peralatan elektronik  yang namanya gadget itu Walaupun kecil bisa dikatakan sebagai beban tersendiri bila dipakai terlalu lama

Sebagai contoh Seseorang memakai terlalu lama sebuah peralatan gadget  di sekitar 1 atau 2 jam dengan resolusi layar yang tampak kecil hal ini Tentunya lebih besar 10 kali dari Anda membaca sebuah buku Karena disana resolusi cahaya frekuensi kemudian daya Pancar dari pelarutan Anda akan mempengaruhi letak anda dan tubuh anda

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline