Era digital telah membawa banyak perubahan. Salah satunya tentang konsep berbelanja konvensional yang secara perlahan tapi pasti mulai banyak yang beralih ke belanja online yang secara efisiensi waktu dan tenaga jelas lebih praktis. Lalu maraklah jasa ekspedisi antar barang dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dari sekian banyaknya layanan jasa kurir antar barang, yang paling konsisten dan eksis hingga saat ini menurut saya adalah JNE.
Saya ingat, di tahun 2002 saat saya bekerja di salah satu perusahaan distributor gawai, kantor kami sudah memakai jasa JNE untuk pengiriman dokumen-dokumen penting. Selama itu, kami merasa puas dengan layanannya yang cepat, bisa diambil ke kantor dokumennya, harganya pun terjangkau pula. Tak pernah JNE mengecewakan kami, dan kami pun menjadi pelanggan JNE yang cukup loyal hingga sekarang.
Perjalanan Panjang Karier JNE
Maka, ketika saya mendengar JNE mendapatkan 3 penghargaan (lagi) di tahun 2023 saya turut berbangga. Perjalanan karier JNE yang cukup panjang dari sejak berdiri tahun 1990 telah membuahkan hasil. Proses yang cukup panjang, tak mengkhianati hasil. JNE telah berhasil membuktikannya. Pada awal berdirinya, JNE merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian.
Lalu JNE mulai memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. JNE memisahkan divisi Logistik menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres di akhir tahun 2012.
Selanjutnya JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight mulai tahun 2013. Kemudian di tahun 2014, JNE melakukan optimalisasi Mobile Applications untuk meningkatkan service berupa trace tracking kiriman, kemudahan transaksi digital, Free Pick up dan COD.
JNE mulai membangun E-Fulfillment di beberapa cabang yaitu Warehouse Management System yang terintegrasi terkait warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM di seluruh Indonesia pada tahun 2017.
Di tahun 2020 JNE pun berinovasi dengan menyikapi perkembangan e-commerce, UKM dan perubahan daya beli masyarakat yang berubah sangat cepat serta dinamis. Maka dibangun Mega Hub JNE di area Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Dibangun diatas tanah seluas 4 hektar, Mega Hub (Automatic Sorting Center and Gateway System) ini akan memiliki kapabilitas menangani ratusan ribu paket per hari.
Hingga saat ini JNE telah berkembang pesat dengan memperluas jaringan hingga lebih dari 8000 titik layanan di seluruh Indonesia untuk mendorong kemajuan UKM dan meningkatkan perekonomian nasional. Dengan melihat track record JNE, maka layak jika JNE mendapatkan banyak penghargaan dan apresiasi dari berbagai pihak. Karena memang JNE Bangkit Bersama masyarakat Indonesia.
Penghargaan Yang Layak Diterima JNE
Selama 33 tahun berdirinya, JNE senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai berbagi, memberi dan menyantuni yang ditanamkan oleh Alm. Soeprapto Soeparno sebagai pendirinya. Tak mengherankan jika nilai-nilai luhur perusahaan ini telah membawa JNE hingga ke titik seperti saat ini. Tak tanggung-tanggung, 3 penghargaan kembali didapatkan oleh JNE belum lama ini.
Ketiga penghargaan itu adalah :