Lihat ke Halaman Asli

Serangan Mutahir dalam Marketing Buku

Diperbarui: 4 Maret 2023   23:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Flyer KBMN Gel 28, Materi Ke20 (Sumber Tim Solid)

 

oleh: Julia Roli Sennang Banurea, S.Pd,Gr.

SD N 06 Ransi Dakan Kabupaten Sintang

 Jika buku telah diterbit, maka muncul pertanyaan, bagaimana cara memasarkan buku tersebut?.

Bagi penulis pemula, memasarkan buku atau yang familiar disebut dengan marketing adalah sebuah tanya yang besar.

Pembuatan naskah, editing, hingga terbitnya buku membutuhkan ragam proses hingga muncul buku yang layak terbit. Proses yang panjang itu akan menemui suatu titik yakni proses pemasaran/marketing.

Buku sebagai produk akan menemukan orang yang akan membacanya. Sehingga pemasaran wajib memperhatikan yang pertama kali dipengaruhi oleh stimulus pemasaran. Yakni 4P, yaitu product, price, place, promotion (produk, harga, distribusi, promosi).

Ilmu manajemen dan jenis-jenis marketing harus dianaslisis dalam promosi buku. Manajemen pemasaran atau yang sering disebut marketing manajement merupakan hal penting dalam memperkenalkan produk atau jasa, agar konsumen mengetahui produk dan jasa tersebut. 

Pemasaran adalah salah satu kunci dalam kemajuan perusahaan. Maka pemasaran perlu diawasi dengan intens.

Perkembangan zaman yang semakin canggih dan serba cepat, mampu memjawab bagaimana proses pemasaran buku tersebut. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline