Lihat ke Halaman Asli

Julianda Boangmanalu

ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Mengapa Tanggung Jawab itu Perlu?

Diperbarui: 25 Agustus 2022   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Foto: kemendikbud.go.id

Pernahkah kamu diberi tugas oleh atasan untuk melakukan suatu pekerjaan, padahal pekerjaan itu belum tentu bisa kami kerjakan sendiri? Namun, karena ingin menjaga kepercayaan atasan, kamu melaksanakan tugas tersebut sebaik-baiknya. 

Pekerjaan tersebut dikerjakan sendiri atau melalui bantuan teman atau orang di sekitarmu. Akhirnya, pekerjaan tersebut kamu selesaikan tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan atasanmu. Itulah tanggung jawab!

Secara terminologi, menurut KBBI, tanggung jawab adalah suatu keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Dapat juga dipahami bahwa wujud tanggung jawab berupa bentuk kesadaran akan kewajiban atas suatu perbuatan yang berdampak bagi orang lain.

Dalam dunia pekerjaan, setiap profesi yang kita sandang pasti melekat suatu tanggung jawab. Mulai dari bawahan hingga jabatan puncak pimpinan, masing-masing mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda sesuai tingkatannya.

Semakin tinggi jabatan seseorang, maka semakin besar tanggung jawab yang diembannya. Begitu juga sebaliknya.

Pernahkah terpikir oleh kita, kenapa tanggung jawab itu perlu kita sandang?

Selaku makhluk sosial, manusia dibebankan rasa tanggung jawab baik terhadap diri secara pribadi maupun dalam hubungannya dengan orang lain. Tanggung jawab juga dapat dijadikan sebagai standar nilai (akhlak) bagi seseorang.

Pentingnya rasa tanggung jawab bagi seseorang, disebabkan tanggung jawab tersebut mempunyai nilai manfaat bagi setiap orang. Manfaat dari tanggung jawab, diantaranya:

1. Adanya kebahagiaan

Setiap orang yang melakukan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, maka ia akan merasakan kebahagiaan tersendiri berupa rasa kepuasan karena bisa bertanggungjawab atas sesuatu hal yang dilakukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline