Lihat ke Halaman Asli

Julianda Boangmanalu

ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Dilema Kapolri: Bersih-Bersih Institusi Demi Pengungkapan Kasus

Diperbarui: 10 Agustus 2022   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kapolri Umumkan Penetapan Ferdy Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J. 2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Sebuah kerja keras yang dilakukan Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk mengungkap kasus kematian Brigadir J, hingga menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka, patut untuk diberikan apresiasi. 

Dalam posisi ini, Kapolri pasti diterpa dilema untuk mengungkapkan kasus tersebut agar terang benderang sekaligus memberi jawaban kepada publik yang mengikuti perkembangan kasus tersebut.

Bagaimana tidak, Dia berupaya untuk melakukan pengungkapan kasus dengan memeriksa jajarannya yang mencoret nama baik institusi, yang terlibat dalam kasus kematian Brigadir J. 

Melakukan pembenahan terhadap institusi internal Polri merupakan pekerjaan rumah bagi Kapolri saat ini. Kasus kematian Brigadir J, bisa menjadi evaluasi bagi Polri. Satu sisi harus membuka kepada publik terkait bobrok yang terjadi, di sisi lain peristiwa ini menjadikan momen bagi Polri melakukan pembenahan secara menyeluruh. 

Peristiwa ini sudah terlanjur menjadi konsumsi publik. Publik masih penasaran akhir dari peristiwa pembunuhan Brigadir J. Terutama terkait motif Ferdy Sambo atas peristiwa dan melakukan rekayasa atas kasus tersebut.

Ditambah lagi dengan pernyataan Mahfud MD, bahwa motifnya sangat sensitif untuk disampaikan ke khalayak karena hanya bisa didengar oleh orang dewasa. Publik menduga pasti berkaitan dengan asusila.

Upaya Kapolri atas kasus ini tak terlepas dari kesediaan Bharada E yang menyatakan diri menjadi justice collaborator dalam kasus tersebut. Sehingga Kapolri dengan mudah mengungkap misteri peristiwa ini.

Beban Kapolri dalam mengungkap kasus tersebut belum berakhir. Masih terdapat peristiwa-peristwa lain yang menjadi rangkaian dalam kasus Brigadir J tersebut. 

Seperti kemungkinan keterlibatan pihak lainnnya selain keempat orang yang sudah ditersangkakan. Juga kasus pelecehan seksual yang dilaporkan pihak Istri Ferdi Sambo masih bergulir.

Sehingga, membuat publik masih menunggu akhir dari alur peristiwa pembuhunan berencana tersebut. Mata publik ditambah perintah langsung Presiden Jokowi menjadikan semangat bagi Kapolri untuk mengungkap menjadi terang benderang kasus kematian Brigadir J.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline