Lihat ke Halaman Asli

Juliana Fajri

Saya kuliah

Makanan Tradisional Tetap Eksis Sampai Sekarang

Diperbarui: 20 Maret 2023   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Makanan tradisional adalah makanan atau hidangan yang diwariskan dan dikonsumsi secara turun temurun. Makanan tradisional adalah salah satu keberagaman budaya Indonesia. Makanan tradisional juga merupakan identitas suatu daerah dan bahkan menjadi daya tarik suatu daerah. Setiap makanan tradisional memiliki ciri-ciri yang berbeda di setiap daerah di Indonesia.
Seiring berkembangnya zaman, makanan tradisional sudah jarang ditemui. Makanan tradisional semakin terkesampingkan karena masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan makanan-makanan asing. Masyarakat seakan tidak peduli dengan makanan yang telah dilestarikan nenek moyang bangsa Indonesia.
Namun, tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang sadar akan kembali melestarikan makanan tradisional. Banyak kreasi-kreasi makanan tradisional yang sudah dimodifikasi menjadi makanan kekinian untuk menarik perhatian anak-anak zaman sekarang. Selain itu, masyarakat sekarang lebih pintar dalam mengolah makanan tradisional menjadi lebih efisien seperti dibuat menjadi lebih mudah maka akan tetap mampu melestarikan makanan tradisional.
Dengan banyaknya kreasi-kreasi makanan tradisional membuat makanan tradisional tidak mudah hilang dari peradaban. Bahkan, masyarakat Indonesia sekarang dapat menjumpai makanan-makanan tradisional dengan mudah, seperti di pasar dan lain sebagainya. Selain itu, kini sudah banyak resep kreasi-kreasi makanan tradisional yang dibagikan baik berbentuk artikel tulisan maupun video-video yang di unggah di media massa. Sehingga, makanan tradisional masih tetap eksis hingga sekarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline