Lihat ke Halaman Asli

Julia Civita Murmana

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Menikmati Karya Seni Melalui Virtual Exhibition

Diperbarui: 13 Desember 2022   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pameran seni pada umumnya digelar di suatu tempat dengan berbagai macam konsep yang menarik dan tentunya dapat dinikmati oleh khalayak luas. Tetapi semakin berkembangnya zaman dan teknologi yang maju, pameran seni sekarang bisa dinikmati secara online. Pameran seni bisa diselenggarakan secara virtual atau yang dikenal sebagai Virtual Exhibition.

Apa itu Virtual Exhibition?

Virtual Exhibition merupakan acara online yang diselenggarakan pada platform pameran virtual komprehensif berbasis web. Dengan adanya Virtual Exhibition, para seniman bisa memamerkan karya-karya mereka secara luas dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Hal ini mengatasi batasan ruang, waktu, dan lokasi yang biasanya dilakukan dalam pameran seni konvensional.

Virtual Exhibition: 'Diversity of Art'

Ini merupakan salah satu project Virtual Exhibition yang sukses dijalankan oleh mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang berkolaborasi dengan ARCHA Project. 

Virtual Exhibition ini mengangkat tema "Diversity of Art" dimana pameran seni yang dilakukan mengangkat karya lukisan yang memiliki genre beragam sehingga pengunjung bisa menikmati keberagaman seni yang ada didalamnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 - 21 November 2022 dengan menampilkan lebih dari 20 lukisan dari para seniman ARCHA yang hebat dan juga berbakat. 

Dokpri

Pameran virtual ini dibuat seperti sedang bermain game, dimana pengunjung dapat memilih avatar (karakter) mereka sendiri. Para pengunjung juga bisa berjalan dan berinteraksi di dalam ruangan yang berbentuk labirin tersebut. Virtual Exhibition ini menawarkan pengalaman visual imajinatif yang sangat jauh berbeda dari pameran pada umumnya. 

Karya-karya dan konsep Virtual Exhibition yang ditampilkan sangat menarik, kreatif, dan suasana di dalam pameran sangat tenang dimana terdapat lautan biru dan juga langit yang cerah. 

Tentu hal ini membentuk cara interaksi baru dengan karya seni yang berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Pengunjung juga dapat melihat berbagai lukisan serta makna yang terkandung dalam lukisan tersebut. Virtual Exhibition ini diikuti oleh banyak orang dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000 saja untuk mendapatkan akses link pameran ini.

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline