Lihat ke Halaman Asli

Julia Amalya

Paud Terpadu Insan Madani Meukek

Payung Warna di Dalam Kelas

Diperbarui: 18 September 2022   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam perkembangan kurikulum secara menyeluruh, alur yang diharapkan ialah melalui pendekatan dan pengembangan pada pilihan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak usia dini, yakni menyatukan ranah kognitif, ranaf afektif dan ranah psikomotor, dengan meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan dan ketrampilan, sebagai bekal mereka memasuki jenjang Sekolah Dasar.

Belajar bukan hanya kumpulan pengetahuan dari ketrampilan dan kemampuan individu, tetapi juga merupakan disposisi, habits of mind, ini merupakan bagaimana anak merespon pengalaman tertentu. 

Disposisi perasaan ataupun respon emosi anak terhadap matematika dan sains juga menjadi pertimbangan guru.

Ketrampilan proses sains memiliki kesamaan dengan asesmen otentik tentang

perkembangan anak, yaitu meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Mengamati

2. Membandingkan

3. Mengelompokkan

4. Mengukur

5. Mengkomunikasikan

6. Menyimpulkan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline