Lihat ke Halaman Asli

Julasbi Tanri

Wiraswasta

Pentingnya Time Management pada Saat Kerja Sambil Kuliah

Diperbarui: 15 Oktober 2021   23:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apakah Anda setuju statement saya ini, dengan pendidikan bisa menaikkan taraf kehidupan seseorang, bisa meningkatkan karir sesorang di dunia pekerjaannya? Menyadari akan hal tersebut banyak dari kita melakukan 2 hal ini dalam masa yang bersamaan, yaitu bekerja sambil melanjutkan kuliah. 

Salah satu sebab mengapa kerja sambil kuliah ini menjadi pilihan ramai, ini di karenakan adanya program kelas karyawan yang di sediakan yang benar benar bisa membantu kita sambil bekerja dan menuntut ilmu secara bersamaan, secara tidak langsung mengajarkan kita lebih mandiri dan mampu membayar uang kuliah sendiri tanpa harus membebankan keluarga. Apa yang paling penting disini adalah bagaimana kita bisa melakukan dua hal ini bersamaan secara bijak dalam arti kata lain time management yang baik.

Menyelesaikan tugas pekerjaan dan tugas kuliah secara bersamaan bukan hal yang mudah di lakukan, apalagi masing masing dari tugas ini mempunyai durasi waktu atau yang di sebut deadline yang sudah di tetapkan. Menurut survey, kebanyakan para pekerja yang berstatus mahasiswa/siswi memilih jadwal kelas karyawan yang hanya di lakukan setiap hari sabtu yaitu satu hari penuh di mulai pukul 7pagi hingga pukul 6sore (mengikuti kebijakan dari masing masing Universitas) namun tidak sedikit juga yang mengambil kelas reguler malam.

Jika anda sedang berada di posisi ini, berikut saya coba kongsikan beberapa tips menjalankan time management yang efektif.

Bijak Mengatur Waktu

Memutuskan untuk bekerja sambil kuliah merupakan pilihan atau tidakan yang harus di pikirkan sematangnya. Oleh karena yang demikian, jika sudah memilih, aturlah waktu kapan mengerjakan tugas kuliah, lebih aware dengan deadline kumpul tugas kuliah serta pekerjaan nya. Namun tidak di lupa harus tau dan membagikan waktu untuk diri sendiri, keluarga dan istirehat yang cukup.

Prioritaskan Kuliah Dan Pekerjaan

Jika sudah di fase ini, harus nya kita lebih mengutamakan hal hal yang penting misalkan menyelesaikan tugas tugas kuliah/pekerjaan sebelum hampir waktu deadline, dan yang pasti akan mengorbankan banyak hal misalkan nongkrong bersama teman, kurang istirehat dan tidur, waktu liburan.

Ingat Kembali Komitmen

Ingatlah kembali niat dan tujuan utama di awal bahawa kita ingin kuliah untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan bekerja untuk bisa membayar uang kuliah kita tanpa harus membebankan orangtua dan keluarga. Kalau sebelum kita terbiasa pegang uang, namun ini lama kelamaan akan terbiasakan.

Tetap Berusaha Kembangkan Diri
Pada saat kita sudah mulai kuliah sambil bekerja,Pastinya fokus akan tertumpu ke banyak tempat. Namun, bukan berarti tidak ada waktu untuk memperbaiki dan menambah skill lain nya. Manfaatkan internet dan biasanya dari kampus ada banyak aktivitas/seminar yang di sediakan.

Dalam arti kata lain, bekerja sambil kuliah memang memerlukan kesabaran dan harus fokus dengan tujuan awal. Ada pepatah mengatakan bersusah susah dahulu bersenang senang kemudian. Mungkin akan merasakan pahit di awal nya, namun kemanisan akan kita raih pada saat kita berhasil menyelesaikan tempoh 8 semester waktu perkuliahan dengan baik.

Terima kasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline