Lihat ke Halaman Asli

Julasbi Tanri

Wiraswasta

Apa Saja Media Layanan Customer Service?

Diperbarui: 30 September 2021   18:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Taukah teman teman jika layanan customer service sekarang bukan hanya melalui penggilan suara?

Pelayanan customer service saat ini sudah menyediakan banyak platform media digital atau internet  seperti layanan Livechat,Email dan sosmed seperti Facebook,instagram,whatsap. Apakah perbedaan perlayanan dari sisi layanan suara dan digital? berikut saya berikan perbedaan nya.

Layanan Panggilan Suara

Ini juga di sebut sebagai Inbound call center dimana ini merupakan jenis layanan yang terima panggilan masuk dari pelanggan. Pelanggan yang menghubungi layanan customer service dengan tujuan menanyakan mengenai layanan,produk,menyampaikan kendala dan keluhan.

Disini para pelanggan dapat berbicara secara langsung dan segala pertanyaan atau kendala bisa di jawab atau di tanganin langsung oleh customer service yang melayani. 

Namun layanan inbound ini si pelanggan harus memastikan mempunyai pulsa yang mencukupi sebelum mendail nomor layanan customer service agar tidak terputus di pertengahan pembicaraan dan untuk tarif panggilan mengikuti kebijakan dari masing masing provider.

Layanan Digital

Layanan ini disebut sebagai media layanan digital dikarenakan merupakan layanan yang berbentuk Nonvoice atau tanpa suara. Untuk layanan livechat, pelanggan atau customer service akan mengetik pertanyaan dan jawaban nya di media website atau aplikasi namun secara real time dikarenakan ada customer service yang tersedia 24jam untuk membantu. Untuk layanan email pada umum nya mempunyai target estimasi waktu untuk di balas oleh customer service. 

Dalam era media sosial yang semakin berkembang pesat di kala ini, maka timbul juga layanan customer service di platform sosial media seperti facebook,instagram dan layanan whasap. Untuk platform layanan baru ini, tujuan tetap sama yaitu melayani pertanyaan atau kendala dari pelanggan.

Walaupun telah banyak muncul media layanan customer service yang baru, namun hasil survey masih menunjukan orang Indonesia kebanyakan masih memilih layanan inbound untuk berkomunikasi dengan customer service pada saat mengalami kendala atau ingin bertanya mengenai sesuatu produk. 

Namun untuk akses cepat, kini layanan Livechat semakin mendapat sambutan baik dikarenakan  menggunakan media ini tidak membutuhkan pulsa data, cukup memastikan ada data internet di tambah layanan customer service nya juga secara real time, begitu pun juga dengan media platform lainnya cukup mempunyai data internet atau tersambung dengan wifi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline