Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi

Penulis dan Pendidik dari Bandung

Pentingnya Pembinaan Keterampilan Kewirausahaan di Pontren terhadap Minat Santri Berwirausaha

Diperbarui: 6 Agustus 2024   10:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi - Pelatihan kewirausahaan terhadap santri di Pondok Pesantren | Kompas.id

Pembinaan keterampilan kewirausahaan pada santri memiliki peran yang sangat krusial dalam meningkatkan minat berwirausaha lulusan pondok pesantren (Pontren).

Mengapa demikian? jawabannya beragam, antara lain menanamkan jiwa entrepreneurship sejak dini (mindset kewirausahaan), mempersiapkan diri untum dunia kerja yang dinamis, memberdayakan masyarakat, menghindari angka pengangguran dan menghubungkan nilai-nilai agama dengan dunia usaha.

Berikut penjelasan mengapa pentingnya pembinaan keterampilan kewirausahaan santri terhadap minat berwirausaha lulusan pondok pesantren, antara lain:

1. Menanamkan Jiwa Entrepreneurship Sejak Dini

Dengan memberikan bekal keterampilan kewirausahaan sejak dini, santri akan terbiasa dengan mindset seorang pengusaha. Mereka akan belajar tentang inovasi, kreativitas, dan berani mengambil risiko.

2. Mempersiapkan Diri untuk Dunia Kerja yang Dinamis

Dunia kerja saat ini menuntut individu yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademik, tetapi juga memiliki keterampilan praktis, termasuk kewirausahaan. Pembinaan ini akan membantu santri lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja.

3. Memberdayakan Masyarakat

Lulusan pondok pesantren yang memiliki jiwa kewirausahaan dapat berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat sekitar. Mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan perekonomian daerah.

4. Menghindari Angka Pengangguran

Dengan memiliki keterampilan kewirausahaan, lulusan pondok pesantren lebih cenderung untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri daripada hanya mencari pekerjaan. Hal ini dapat membantu mengurangi angka pengangguran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline