Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi

Penulis dan Pendidik dari Bandung

Membangun Kebiasaan Membaca Sejak Dini, Perjalanan Menyenangkan bersama Anak Berburu Bursa Buku

Diperbarui: 3 Juli 2024   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi - Bursa buku di Bandung (Dok. Pribadi

Hari ini, Rabu (3/7/2024) saya bersama anak saya yang ketiga (11 tahun) pergi guna mencari buku ke bursa buku di kawasan Pasar Buku Palasari Jalan Palasari, Lengkong dan Toko Buku Bandung, Jalan Garut No. 2, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Anak saya yang ketiga ini, memiliki hobi membaca yang luar biasa. Dia selalu ingin menjelajahi dunia baru melalui buku, dan dia tidak pernah melewatkan kesempatan untuk menambah koleksi bukunya.

Kebetulan saat ini sudah memasuki libur sekolah, saya dan anak memutuskan untuk pergi berburu buku bekas di Bandung. Dia sudah mendengar tentang Pasar Buku Palasari, salah satu bursa buku bekas terbesar di Indonesia, dan dia sangat ingin mencobanya.

Anak saya ini bangun pagi dan bersiap-siap. Dia membawa tas ranselnya yang cukup besar, uang tunai, dan daftar buku yang ingin dia temukan. Dia juga membawa bekal air dan camilan untuk berjaga-jaga jika dia lapar dan haus.

Setelah sarapan, saya dan anak bergegas mengendarai sepeda motor menuju ke Pasar Buku Palasari. Perjalanan memakan waktu sekitar 20 menit, dan anak saya terlihat memanfaatkan waktu untuk membayangkan semua buku yang mungkin dia temukan.

Ketika saya dan anak akhirnya sampai di Pasar Buku Palasari, dia tercengang. Ada begitu banyak kios dan toko yang menjual buku bekas, dan dia tidak tahu harus mulai dari mana. Dia berjalan perlahan, melihat-lihat semua buku yang dipajang.

Anak saya menemukan banyak buku yang menarik, dan dia mulai menawar dengan para penjual. Dia senang sekali karena dia bisa mendapatkan banyak buku dengan harga yang murah. Dia menemukan beberapa novel klasik, beberapa buku sejarah, dan bahkan beberapa komik favoritnya.

Setelah beberapa jam menjelajahi pasar, anak saya mulai merasa lelah. Dia sudah membeli banyak buku, dan tasnya sudah penuh. Dia memutuskan untuk pulang dan mulai membaca semua buku barunya.

Anak saya sangat senang dengan pengalamannya berburu buku bekas di Bandung. Dia tidak sabar untuk kembali lagi dan menemukan lebih banyak harta karun tersembunyi di Pasar Buku tersebut.

Hikmah yang bisa dipetik dari perjalanan saya dan anak ke bursa buku adalah betapa pentingnya kita sebagai orang tua untuk menumbuhkan kecintaan membaca pada anak adalah dengan mengajak mereka berburu buku di bursa buku.

Perlu dicatat, bahwa buku yang kita beli untuk anak tidaklah perlu mesti yang baru dan mahal, tapi yang terpenting buku tersebut bisa disenangi anak dan ada manfaatnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline