Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi

Penulis dan Pendidik dari Bandung

Curhat Peternak Domba di Kabupaten Bandung Hadapi Musim Kurban, Dapat Untung Lebih

Diperbarui: 13 Juni 2024   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi - Seorang peternak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Dok. Pribadi)

Musim kurban merupakan berkah bagi para peternak domba di Kabupaten Bandung, tepatnya para peternak domba di Desa Margaasih, Kecamatan Cicalengka. Permintaan domba untuk kurban meningkat pesat menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini. Hal ini tentu saja membawa kebahagiaan bagi para peternak domba yang telah lama menanti momen ini.

Salah satu peternak domba yang merasakan kebahagiaan ini adalah Pak Sukanda. Pak Sukanda telah beternak domba selama lebih dari 10 tahun. Ia mengaku bahwa musim kurban tahun ini merupakan salah satu musim kurban terbaik yang pernah ia alami. "Alhamdulillah, tahun ini permintaan domba sangat tinggi. Saya sudah berhasil menjual hampir semua domba saya," ujar Pak Sukanda, saat ditemui di tempat tinggalnya di Margaasih, Rabu (12/6/2024).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Pak Ujang, peternak domba lainnya di Kabupaten Bandung. Pak Ujang mengatakan bahwa harga domba tahun ini juga mengalami kenaikan. "Harga domba tahun ini naik cukup tinggi. Domba yang biasanya saya jual Rp 3 juta, sekarang bisa dijual hingga Rp 5 juta," kata Pak Ujang.

Kenaikan harga domba ini tentu saja membawa keuntungan besar bagi para peternak domba. Mereka dapat memperoleh penghasilan yang lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa. "Alhamdulillah, dengan adanya kenaikan harga ini, keuntungan kami juga meningkat," ujar Pak Ujang.

Musim kurban tidak hanya membawa kebahagiaan bagi para peternak domba, tetapi juga bagi para pembeli domba. Mereka dapat membeli domba dengan kualitas yang baik dengan harga yang relatif terjangkau.

"Saya senang sekali bisa membeli domba untuk kurban tahun ini. Domba yang saya beli kualitasnya bagus dan harganya juga cukup terjangkau," kata Ibu Eneng, salah satu pembeli domba di Kabupaten Bandung saat ditemui di hari yang sama.

Musim kurban merupakan momen yang sangat penting bagi umat Islam. Momen ini menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah kurban dan berbagi dengan sesama.

Bagi para peternak domba, musim kurban merupakan momen yang penuh dengan berkah. Musim ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dan membantu memenuhi kebutuhan umat Islam dalam melaksanakan ibadah kurban.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline