Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi

Penulis dan Pendidik dari Bandung

Persib Bandung Raih Gelar Juara Sejati Liga 1, Warga Jawa Barat Berpesta Pora

Diperbarui: 31 Mei 2024   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi - Persib Bandung Raih Gelar Juara Sejati Liga 1, Jumat (31/5/2024). (Dok. Pribadi)

Akhirnya penantian Persib Bandung selama 10 tahun untuk menjadi jawara di Liga 1 Indonesia, malam ini terjawab sudah. Setelah menaklukan tuan rumah Madura United di leg kedua di Stadion Bangkalan dengan skor 3-1, mengukuhkan Persib Bandung sebagai Juara Sejati.

Persib Bandung, yang sempat terseok-seok di awal musim, namun setelah masuknya pelatih Bojan Hodak di pertengahan musim, maka membawa perubahan yang signifikan bagi permainan Persib Bandung, hingga akhirnya di akhir musim, Persib Bandung menduduki klasemen 2 di BRI Liga 1 Indonesia, di bawah Barito Putera.

Untuk menentukan juara sejati di Liga 1, PT Liga Indonesia menetapkan sistem Championship Series. Pada final musim tahun 2023-2024 ini, klub sepak bola kebanggaan warga Jawa Barat ini menghadapi tim dari Jawa Timur yakni Madura United.

Di pertandingan leg kesatu yang dimainkan di Stadion si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Persib Bandung berhasil menundukan Madura United tanpa balas 3-0. Pada leg kedua giliran Persib Bandung dijamu Madura United, di Stadion Bangkalan Madura, malam ini, Jumat (31/5/2024), pertandingan berakhir dengan skor 1-3 untuk kemenangan Persib Bandung.

Ilustrasi - Persib Bandung Raih Gelar Juara Sejati Liga 1, Jumat (31/5/2024). (Dok. Pribadi)

Dengan kemenangan ini yaitu skor agregat 6-1, Persib Bandung keluar sebagai juara sejati BRI Liga 1 Indonesia tahun 2023/2024. Persib Bandung terakhir sebagai juara liga 1 pada tahun 2014 di Palembang Sumatera Selatan dan juga tercatat sebagai juara 1 liga  Indonesia pertama pada tahun 1994 di Jakarta.

Keberhasilan Persib Bandung sebagai juara sejati liga 1 tahun ini, dilengkapi dengan terpilihnya sang arsitek Pangeran Biru yakni Bojan Hodak sebagai pelatih terbaik musim ini dan David Da Silva (striker Persib Bandung) sebagai top scorer liga 1 musim ini. Dengan diraihnya juara 1 liga Indonesia, Persib Bandung memboyong piala liga 1 dan menerima hadiah uang sebesar Rp2,5 milyar.

Persib Bandung Juara, Warga Jawa Barat berpesta pora

Persib Bandung adalah klub sepak bola asal Kota Bandung, tetapi sudah menjadi milik dan kebanggaan warga Jawa Barat. Pendukung/suporter Persib Bandung atau lebih dikenal dengan sebutan bobotoh dihampir seluruh wilayah di Jawa Barat pada malam pertandingan leg kedua final championship menggelar nonton bareng (nobar).

Tercatat ada beberapa titik nobar di Jawa Barat, seperti di halaman Gedung Sate, alun-alun Kabupaten Sumedang dan di sejumlah wilayah lainnya di Jawa Barat, seperti di Kabupaten Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon, Sukabumi, Cianjur, Depok, Bogor dan di sejumlah kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

Ilustrasi - Persib Bandung Raih Gelar Juara Sejati Liga 1, Jumat (31/5/2024), Warga Jawa Barat Berpesta Pora (Dok. Pribadi)

Terutama nobar di area Gedung Sate Bandung dan alun-alun Sumedang suasananya sangat meriah. Bobotoh penuh suka cita gempita, menyanyikan kemenangan dengan yel yel khusus Persib Bandung menyambut kemenangan sang Pangeran Biru, setelah sekian lama dinanti-nanti.

Rencananya, untuk menyambut dan merayakan kemenangan Persib Bandung sebagai juara sejati liga 1 Indonesia, pada Sabtu (1/6/2024) sore hari di Bandung akan diadakan konpoi atau iring-iringan mulai Pasteur, Gedung Sate hingga ke Cileunyi Kabupaten Bandung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline