Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi

Penulis dan Pendidik dari Bandung

Diet Plastik untuk Turunkan Timbulan Sampah di Permukaan Bumi

Diperbarui: 24 April 2024   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Diet Plastik untuk Turunkan Timbulan Sampah di Permukaan Bumi (Foto: Dok. Pribadi)

Plastik adalah benda sistetis yang tidak lepas dari kehidupan manusia. Setiap hari manusia menggunakan benda ini, seperti untuk mengemas/membungkus makanan, botol kemasan minuman, peralatan/perabotan rumah tangga, peralatan otomatif dan berbagai kegunaan lainnya.

Misalnya, saat berbelanja hampir semua orang tidak bisa lepas dari kantong plastik. Setiap kali belanja rata-rata orang menggunakan benda yang sulit terurai ini.

Walaupun di beberapa tempat belanja ada yang memberlakukan kantong plastik berbayar. Petugas tempat pembelanjaan menawarkan kepada konsumen apakah mau memakai plastik atau tidak, jika mau memakai maka ada biaya tambahan kantong platik, tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan plastik.

Namun, usaha untuk mengurangi tingkat pemakaian plastik melalui program kantong plastik berbayar yaitu melalui edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tidak semudah yang dibayangkan, karena masyarakat tetap saja berani membayar biaya kantont plastik dan tetap menggunakannya.

Di samping kegunaan, plastik juga sering kali mengundang masalah yakni menyebabkan timbulan sampah di sekitar kita. Baik itu sampah industri ataupun sampah atau limbah rumah tangga.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa plastik adalah benda yang membutuhkan waktu yang sangat lama dalam menguraikannnya, misal dalam kurun waktu puluhan bahkan ratusan tahun baru bisa hancur.

Kadangkala, jenis benda ini tidak bisa terurai dengan kata lain benda dan menjadi sampah atau limbah abadi yang bisa menutupi dan mengotori permukaan bumi.

Dampak dari sampah plastik ini sangatlah banyak, di antaranya bisa menyebabkan pencemaran lingkungan darat dan air. Adanya timbunan plastik dalam tanah akan mengakibatkan tingkat kesuburan tanah terganggu.

Di tambah lagi, yang menjadi masalah adalah kebiasaan atau prilaku buruk manusia perihal sampah ini yang membuang  sampah plastik sembarang, contoh membuang plastik ke saluran air/sungai. Prilaku ini yang menyebabkannya tersumbatnya saluran oleh sampah plastik dan akhirnya menjadi banjir.

Diet Plastik untuk Turunkan Timbulan Sampah

Diet plastik adalah bagaimana merubah/perubahan prilaku seseorang untuk menurunkan tingkat penggunaan plastik, sehingga tidak timbulan sampah akan diminimalisir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline