Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi 1

Penulis dan Pendidik dari Bandung

SMP Plus Al Ghifari Gelar Character Building di SEIN Farm, Siswa Asah Keterampilan Pertanian

Diperbarui: 5 Oktober 2024   22:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SMP Plus Al Ghifari gelar character building di SEIN Farm, siswa asah keterampilan pertanian. | Dok. Pribadi

SMP Plus Al Ghifari Kota Bandung sukses menggelar kegiatan Character Building dengan tema "Tumbuh kuat dan hebat, mencipta taat dan bermanfaat" pada Jumat dan Sabtu, 4-5 Oktober 2024. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang kuat, mandiri, dan peduli lingkungan.

Sebagai lokasi pelaksanaan, SMP Plus Al Ghifari memilih SEIN Farm, sebuah UPT milik Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bandung, Jawa Barat. Pemilihan lokasi ini sangat strategis karena memungkinkan siswa untuk langsung berinteraksi dengan alam dan mempelajari berbagai aspek pertanian, budidaya ikan, dan peternakan.

Selama berkemah, siswa diajak untuk terlibat langsung dalam berbagai aktivitas pertanian seperti menanam, merawat tanaman, hingga memanen hasil bumi. Selain itu, siswa juga diperkenalkan pada teknik budidaya ikan dan peternakan. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menghargai hasil kerja keras para petani.

"Kegiatan Character Building ini merupakan salah satu upaya kami untuk membentuk siswa menjadi generasi yang tangguh dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan," ujar Nandang Sutiana, S.Pd.I., Kepala Sekolah SMP Plus Al Ghifari saat ditemui di Bandung,   Sabtu (5/10/2024.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih siswa agar lebih mandiri, kreatif, dan memiliki jiwa kepemimpinan." jelasnya lagi.

Kepala Sekolah mengungkapkan tujuan utama kegiatan adalah membentuk karakter siswa yaitu menumbuhkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, kerjasama, kepedulian, kreativitas, dan rasa tanggung jawab.

SMP Plus Al Ghifari gelar character building di SEIN Farm, siswa asah keterampilan pertanian. | Dok. Pribadi

Melalui kegiatan ini juga dijadikan sarana pendidikan pertanian antara lain: memperkenalkan siswa pada dunia pertanian, budidaya ikan, dan peternakan.

Tidak kalah pentingnya, tegas Kepala Sekolah, kegiatan pendidikan karakter ini untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan alam dan memahami pentingnya menjaga lingkungan.

SMP Plus Al Ghifari gelar character building di SEIN Farm, siswa asah keterampilan pertanian. | Dok. Pribadi

"Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan siswa SMP Plus Al Ghifari dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi generasi penerus yang peduli terhadap lingkungan dan ketahanan pangan," pungkas Nandang Sutiana.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline