Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi YAG

Penulis dan Pendidik dari Bandung

Praktik PBM SMK Plus Al Ghifari Siapkan Siswa untuk Dunia Kerja

Diperbarui: 2 Agustus 2024   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi - Siswa jurusan TBSM SMK Plus Al Ghifari Bandung sedang mengikuti praktik PBM sepeda motor di BLK Al Ghifari, Kamis (1/8/24) | Dok. Pribadi

SMK Plus Al Ghifari Kota Bandung kembali menggelar praktik pembelajaran (PBM) sebagai upaya untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja.

Siswa-siswi dari berbagai jurusan, seperti Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), mengikuti praktik PBM di Kampus SMK Plus Al Ghifari, Jalan Inspeksi Pengairan No. 23, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat.

Salah seorang siswa kelas XII, jurusan TBSM, mengaku sangat antusias mengikuti praktik PBM. "Saya sangat senang dengan praktik ini. Pembelajaran sekaligus bekal pengalaman untuk menyongsong masa depan di dunia kerja yang sebenarnya," ucapnya, Kamis (1/8/2024) di BLK SMK Plus Al Ghifari, Jalan Inspeksi Pengairan No. 23, Bandung.

Kepala Sekolah SMK Plus Al Ghifari, yang diwakili Wakil Kepala Sekolah, Yayan Sofyan, S.Pd.I mengatakan bahwa praktik PBM merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. "Kami ingin memastikan lulusan kami tidak hanya memiliki pengetahuan teori yang kuat, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan industri," tegasnya.

Melalui praktik PBM, jelas Yayan Sofyan diharapkan siswa dapat meningkatkan kompetensi, soft skills, dan membangun jaringan profesional. "Selain itu, praktik PBM juga menjadi ajang bagi siswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di sekolah," ungkapnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline