Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi YAG

Penulis dan Pendidik dari Bandung

Al Ghifari Mengadakan Kurban Bersama untuk Berbagi Kepada Sesama

Diperbarui: 21 Juni 2024   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi - Al Ghifari mengadakan kurban bersama, Kamis (20/6/2024). (Dok. Pribadi)

Yayasan Al Ghifari yang menaungi beberapa lembaga pendidikan di Kota Bandung, Jawa Barat, seperti RA, SD, SMP, SMA, SMK Plus Al Ghifari, STMIK Jabar dan Universitas Al Ghifari, pada Kamis (21/6/2024) atau bertepatan dengan 13 Dzulhijjah 1445 telah menggelar kegiatan rutin tahunan yakni penyembelihan dan pengelolaan hewan kurban.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Kampus 1 Al Ghifari, Jalan Cisaranten Kulon No. 140, Arcamanik, Kota Bandung dihadiri oleh Organ Yayasan (Pembina, Pengawas, Pengurus), guru, dosen, tenaga kependidikan, dan sebagian siswa serta mahasiswa di lingkungan Yayasan Al Ghifari.

Ketua Pembina Yayasan Al Ghifari, Drs. H. Sali Iskandar, M.M., mengucapkan syukur, bahwa Yayasan Al Ghifari tahun ini masih diberikan kesempatan melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Tujuan kegiatan lanjut H Sali Iskandar adalah menginplementasikan perintah Allah SWT yang tertuang dalam Al Qur'an surat Al Kausar ayat 2 yakni "...berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT)".

Makna berkurban jelas Sali Iskandar agar tiap pribadi muslim terus dan memilki jiwa bersyukur dan peduli untuk selalu berbagi kepada sesama yang membutuhkan. "Bagi saudara kita yang jarang memakan daging, maka di hari inilah saatnya merasakan nikmatnya makan daging, Inilah Al Ghifari hadir untuk senantiasa mengabdi untuk negeri", ungkapnya.

Ilustrasi - Al Ghifari mengadakan kurban bersama, Kamis (20/6/2024). (Dok. Pribadi)

Ketua Pembina mengatakan, pihaknya memutuskan untuk mengadakan acara kurban bersama tahun ini guna membantu mereka yang membutuhkan. Ia mengatakan bahwa banyak orang mengalami kesulitan keuangan, terutama dalam iklim ekonomi saat ini. Pihaknya ingin melakukan sesuatu untuk membantu mereka dan memastikan bahwa momen Iduladha tahun ini bisa bahagia.

Selain itu, ujar Sali Iskandar penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban merupakan suatu ajang pendidikan dan pembelajaran bagi seluruh peserta didik agar senantiasa berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Ilustrasi - Al Ghifari mengadakan kurban bersama, Kamis (20/6/2024). (Dok. Pribadi)

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Dede Damanhuri, S.Ag., mengatakan penyelenggaraan kurban di Lingkungan Yayasan Al Ghifari tahun ini berjalan lancar. "Alhamdulillah, tahun ini kami menyembelih 10 ekor hewan kurban yaitu sapi 7 ekor dan 3 ekor domba dan sudah didistribusikan dengan baik," ujarnya.

Agus, salah seorang warga sekitar yang mendapatkan daging kurban dari Al Ghifari mengatakan dirinya sangat senang bisa menerima daging kurban. Ia berterima kasih kepada Al Ghifari yang tiap tahunnya tidak berhenti berbagi kepada masyarakat sekitar. "Terima kasih Al Ghifari," ucapnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline