Lihat ke Halaman Asli

Jujun Junaedi

terus lumampah

UKS Al Ghifari Berikan Penyuluhan dan Pemberian Obat Cacing bagi Peserta Didik SD Plus Al Ghifari

Diperbarui: 5 Desember 2023   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UKS Al Ghifari Berikan Penyuluhan dan Pemberian Obat Cacing Bagi Peserta Didik SD Plus Al Ghifari (Foto: Dokpri)

Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Yayasan Al Ghifari memberikan penyuluhan pentingnya pencegahan penyakit cacingan dan stunting pada anak. Penyuluhan diberikan kepada para peserta didik SD Plus Al Ghifari Kota Bandung, Selasa (5/12/2023).

Koordinator Perawat UKS Yayasan Al Ghifari, Siska Rusmiati, zr., saat dimintai keterangan mengatakan sesuai program dari Puskesmas Rusunawa Arcamanik, bulan ini adalah program pemberian obat cacing yang dilakukan satu tahun dua kali, atau enam bulan sekali.

Tujuannya lanjut Siska adalah untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak. Selain itu, pemberian obat cacing ini untuk mengobati dan mencegah kecacingan yang disebabkan oleh cacing tambang, cacing kremi, cacing cambuk dan cacing kremi.

"Itu yang dapat menghambat pertumbuhan pada anak," ucapnya.

UKS Al Ghifari Berikan Penyuluhan dan Pemberian Obat Cacing Bagi Peserta Didik SD Plus Al Ghifari (Foto: Dokpri)

Siska menjelaskan dalam upaya pencegahan kecacingan dan stunting pada anak, Dinas Kesehatan bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rusunawa menyelenggarakan Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) kecacingan balita dan anak sekolah.

"Program ini dilaksanakan selama bulan Agustus hingga November. Pemberian obat cacing pada anak usia 6-12 tahun atau kelas 1 sampai 6 dilaksanakan secara terintegrasi dengan kegiatan UKS," ungkap Siska.

"Tablet obat cacing diberikan hari ini kepada wali kelas masing-masing untuk diberikan kepada siswa dan siswinya," ungkapnya lagi.

Sementara itu, Kepala SD Plus Al Ghifari, Roby Awaludin, S.E., mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan UKS Al Ghifari yang telah memberikan penyuluhan dan pemberian obat cacing kepada seluruh siswa.

Kepala Sekolah pun berharap, setelah pihak UKS Al Ghifari memberikan penyuluhan terkait pencegahan penyakit cacingan, agar para siswa bisa mengonsumsi obat cacing dengan baik dan benar sehingga terhindar dari penyakit cacingan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline