Lihat ke Halaman Asli

juju juriyah

Penulis sastra dan nonsastra, guru man 3 Cirebon peraih juara menulis tingkat internasional maupun nasional.

Ingin Siswa Aktif?...Terapkan Strategi Pelibatan Belajar Langsung

Diperbarui: 13 November 2024   12:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokpri

Strategi dirancang untuk mengenalkan siswa terhadap mata pelajaran guna membangun minat, menumbuhkan rasa ingin tahu, dan merangsang pelajar untuk berpikir. Istilah komputernya siswa di on-kan dulu.
Dan lebih dianjurkan untuk tidak mengajar terlalu awal, yakni sebelum siswa merasa terlibat dan siap secara mental.

Salah satu strategi pelibatan Belajar Langsung yaitu :

 Berbagi Pengetahuan Secara Aktif.

Strategi ini merupakan cara efektif dalam mengenalkan siswa terhadap materi pelajaran yang sedang di pelajari.
Menilai tingkat pengetahuan siswa sekaligus melakukan kegiatan pembentukan tim.
Cara ini sesuai dengan berbagai ukuran kelas dan dengan materi pelajaran apa saja.
Prosedur yang dilakukan dalam melaksanakan strategi ini adalah :
1. Sediakan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Beberapa kategori pertanyaannya yakni, mendefinisikan kata-kata, Pilihan ganda tentang fakta atau konsep, mendefinisikan orang, kalimat tidak lengkap, dan lain- lain.
2. Menginstruksikan siswa menjawab pertanyaan-pertanyan.
3. Meminta siswa untuk menyebar mencari siswa lain yang bisa menjawab untuk membantu mereka karena tak bisa cara menjawabnya.
4. Setelah menemukan jawaban dari siswa lain. Minta untuk kembali ke tempatnya lagi dan membahas jawaban yang mereka dapatkan.

sumber gambar : Dokpri

Variasi-variasi yang bisa digunakan:
1. Memberi setiap siswa satu lembar kartu indeks. Instruksikan mereka untuk menuliskan satu informasi yang menurutnya akurat tentang materi yang sedang diajarkan. Setelah itu minta untuk berpencar untuk berbagi pendapat dengan siswa lain tentang hal yang dituliskan dalam kertas indeks tersebut. Terakhir doronglah mereka untuk menuliskan informasi baru yang dikumpulkan dengan siswa lain.
2. Bisa menggabungkan pertanyaan opini dan faktual.

Sumber :  Dr.Melvin.L. Silberman. Active Learning.  2016.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline