Pembelajaran dilihat dari segi kegiatannya merupakan sebuah proses interaksi antara guru dan sisaw dan antara siswa dan siswa yang didasasari oleh satu tujuan yang sudah termaktub dalam sebuah kurikulum.
Pembelajaran dilihat dari segi kegiatannya merupakan sebuah proses interaksi antara guru dan siswa dan antara siswa dan siswa yang didasasari oleh satu tujuan yang sudah termaktub dalam sebuah kurikulum atau perangkat pendidikan secara umum, dan secara khusus perangkat pembelajaran.
Pembelajaran dari segi tujuan adalah proses atau kegiatan yang bertujuan membentuk manusia-manusia terdidik/edukatif dan pembelajar/berilmu sehingga terbentuk karakter adaptor yang mampu beradaptasi dengan perkembanhan zaman.
Tujuan pembelajaran akan tercapai ketika seorang guru mampu memfasilitasi suswa-siswinya dalam proses belajarnya. Dalam proses ini bukan saja mendapatkan ilmu pengetahuan tetapi juga menghasilkan karakter-karakter yang akan manjadi transformasi mental yang lebih baik dari sebelumnya.
Untuk tujuan tersebut beberaoa upaya dilakukan guru dalam mencapai tujauan pembelajarannya, salah satunya adalah menerapkan media dan metode pembelajaran yang kontekstual sehingga proses yang dilakukan mendapatkan peningkatan yang signifikan.
Salah satu model yang akan diterapkan pada proses pembelajaran materi cerpen kali ini adalah sebuah metode pembelajaran kolaborasi/kerjasama dengan mengaitkan pengalaman antar siswa yang akan ditulis secara estafet dalam media yang disebut dengan hoogle doc.
Apasih google doc tersebut?
Google doc adalah sebuah aplikasi edukasi. Kita mengunduhnya melalui playstore. Bahkan google doc ini tersedia juga di PC atau laptop.
Mengapa perlu menggunakan goojle doc?
Google doc memilki kelebihan yakni meskipun laptop yang diapaki kena virus atau rusak, dokumen yang kita simpan tersebut tidak akan hilang, karena otomatis ketika disave sudah tersimpan dan file akan aman di penyimpana google
Proses pembelajaran materi cerpen dengan pemanfaatan aplikasi google doc dan menetapkan metode kolaborasi ini sebagai berikut :
1. Membuka google doc.
2. Guru meminta salah satu siswa untuk menceritakan pengalamannya di depan kelas.
3.Guru mwnginstruksikan siswa membuat kalimat yang koheren dengan penagalaman yang dicerktakan siswa di depan kelas.
4. Guru membagikan link google docs pada siswa.
5. Siswa menuliskan kalimat yang dihasilkannya ke google doc.
6. Guru memperhatikan dan memantau hasil tulisan siswa di Icd Proyekyor.
7. Setiap kalimat disusun dengan perbaris sesuai kontinyuitas koherensi satu kalimat dengan kalimat selanjutnya.
8. Memadukan kalimat menjadi paragraf yang padu.
9. Selanjutnya padukan setiap pargaraf menjadi tulisan yang padu dan di beri judul cerpennya.
10. Penguatan kolaborasi dengan menjelaskan bagaimana siswa pertama mencritakan pengelamannya dan siswa-siswa berikutnya melanjutkan sehingga menjadi sebuah cerpen yang memilki tema.
Kegiatan ini bisa dilakukan lebih dari satu kali untuk memantapkan hasil belajar dari psoses pemanfaatan media aplikasi google docs dengan metode kolaborasi.