NAMA : JUDITHA TARY AULIANY
NPM : 23010400142
MATA KULIH : KOMUNIKASI MASSA
DOSEN PENGAMPU : SOFIA HASNA, S.I.KOM, M.A
PERKEMBANGAN KOMUNIKASI MASSA BERSERTA PELUANG DAN TANTANGANYA DI ERA DIGITAL PADA GENERASI Z
Komunikasi massa merupakan proses penyampaian pesan atau informasi dengan berbagai tujuan komunikasi kepada khalayak luas. Media massa adalah media komunikasi dan informasi yang dapat melakukan penyebaran informasi secara masal sehingga dapat diakses oleh masyarakat secara luas (Bungin, 2006: 72).
Berdasarkan pengamatan saya dengan perkembangan komunikasi massa di era digital ini telah membawa perubahan besar dalam cara Gen Z memperoleh dan berbagi informasi. Komunikasi massa dulunya terbatas pada media cetak, televisi, dan radio. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi digital, internet, dan platform digital, mampu memperluas jangkauan informasi, serta menciptakan ruang komunikasi baru, dan benar-benar mengubah cara komunikasi massa. Internet dan teknologi digital telah memunculkan platform baru yang memfasilitasi komunikasi massa, seperti media sosial, blog, situs berita, podcast, dan video streaming.
Dalam era digital, terjadi perubahan perilaku cara berkomunikasi antara generasi milenial dan generasi Z. Perubahan tersebut dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti kurangnya interaksi tatap muka karena selalu menggunakan gandget. Perkembangan komunikasi massa di era digital ini sudah mengalami transformasi cara penyebaran dan penerimaan informasi yang disebabkan oleh kemajuan teknologi digital. Hal ini terlihat dengan adanya media baru, perubahan cara konsumsi informasi, dan dampak pada media tradisional.
Perkembangan komunikasi massa di era digital juga memberikan dampak positif, seperti informasi dapat tersebar dengan cepat dan luas melalui platform komunikasi massa seperti media sosial. Namun, bersamaan dengan perkembangan kounikasi massa ini, juga terdapat dampak negatif yang perlu dihadapi untuk memaksimalkan potensi komunikasi massa di era digital. Media massa perlu mengantisipasi berbagai macam bentuk tantangan dari perkembangan ini, seperti persaingan yang ketat dan beradaptasi dengan perkembangan yang ada.
PELUANG PERKEMBANGAN KOMUNIKASI MASSA DI ERA DIGITAL PADA GENERASI Z