Produk lokal merupakan produk yang berasal dari dalam negeri dan di buat sendiri oleh anak anak kreatif yang dapat mengelola sumber daya alam bangsa untuk dapat diprodukisi. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, dengan kekayaan alam ini dapat kita produksi menjadi sebuah benda yang dapat meningkat nilai ekonomi negara.
Indonesia dalam sumberdaya alam dapat selalu membanggakan dalam hasil karya alamnya dan dari segi apapun. Dalam hal ini terbukti dengan beragamnya hasil produk dari sumber daya alam yang berkualitas. Hal ini dibuktikannya dengan banyaknya brend local, yang dibuat dari hasil alam tanah air.
Hasil dari produk local pun sebenarnya kaya dan menghasilkan produk yang berkualitas. Tentu yang seharusnya produk lacal tanah air, ini menjadi tuan rumahnya di negeri sendiri. Namun, hal ini banyaknya monopoli dunia, produk impor lebih memegang peranan pasar sehingga menjadikan minat masyarakat cenderung ke produk luar negeri.
Pemerintah selalu mendukung serta mendorong iklim ekonomi, serta berperan penting dalam meningkatkan produk local. Namun hal ini, masih banyak anak anak bangsa yang menggunakan produk impor. Hal inilah yang menjadi produk local banyak tidak diminati.
Indonesia mengalami kendala mengenai produk dalam negeri yang kalah saing dengan luar negeri yang seharusnya bisa menjadi tuan rumah Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat serta anak bangsa yang kurang berminat kepada produk lokal karena kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi atau menggunakan produk impor dari pada prodok local. Serta gaya mewah yang terjadi apabila memakai produk impor yang terjadi di Indonesia. Jika memakai produk impor berkesan elegan dan mewah serta fashionnabel.
Dengan hal ini, pertumbuhan serta perkembangan ekonomi dapat meningkat dengan cara dapat mengelola, memakai dan memperkenalkan produk dari negara sendiri. Hal ini dengan adanya perkembangan dalam mengelola sumberdaya alam, dapat meningkatkan kewirausahaan serta penggerak perekonomiam.
Kualitas produk local tidak kalah dengan produk impor. Dalam hal ini memiliki dua faktor kenapa banyak yang memaikai produk impor dibandingkan local. Kerna adanya sebuah persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan faktor prestise dari produk.
Adapun sebagian orang menganggap bahwa produk lokal dianggap sebagai sebuah merek yang lebih memahami selera lokal daripada merek impor. Merek lokal dianggap lebih membumi daripada merek impor, karena merek lokal akan lebih terhubung dengan tradisi dan budaya lokal.
Persaingan global dalam pasar dengan masa sekarang dan masa yang akan datang akan sangat berpengaruh terhadap produk local dan pertumbuhan ekonomi negara.
Dengan ini untuk lebih memperhatikan kualitas produk agar konsumen dapat memperoleh persepsi yang lebih baik terhadap merek produk lokal serta untuk meningkatkan produk local dengan prestise agar para konsumen semakin bangga pada saat memakainya. Dengan ini faktor kebanggaan juga akan meningkatkan nasionalisme agar para konsumen semakin bangga dan lebih memilih produk lokal dari pada produk impor.
Selain itu produk local memilik ciri khas yang lebih menonjol dari suatu produk agar memiliki persepsi yang lebih kuat secara global. Hal ini bertujuan agar sebuah produk bisa menciptakan efek terbaik dari Country-of-Origin yang semakin positif.