Lihat ke Halaman Asli

Jua Nengsih

Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah Subang

Pembelajaran di Jenjang Pendidikan Tinggi di Era Disrupsi

Diperbarui: 31 Januari 2024   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling terpengaruh oleh perkembangan teknologi dan disrupsi. Di era saat ini, banyak hal yang berubah termasuk dalam hal pembelajaran di jenjang sekolah tinggi. Pembelajaran di jenjang sekolah tinggi harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi agar dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di masa depan. 

Pembelajaran di jenjang sekolah tinggi di era disrupsi harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan yaitu teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Teknologi AR dan VR dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi pembelajaran dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Selain itu, teknologi AR dan VR juga dapat membantu siswa untuk lebih mudah memvisualisasikan konsep-konsep abstrak yang sulit dipahami.

Selain teknologi AR dan VR, pembelajaran di jenjang sekolah tinggi di era disrupsi juga harus mampu mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan big data. Teknologi AI dan big data dapat membantu guru untuk lebih memahami kebutuhan dan kemampuan siswa secara individu. Dengan memahami kebutuhan dan kemampuan siswa secara individu, guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Selain teknologi, pembelajaran di jenjang sekolah tinggi di era disrupsi juga harus mampu mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan. Keterampilan seperti kreativitas, kritis berpikir, kolaborasi, dan komunikasi menjadi sangat penting di masa depan. Pembelajaran di jenjang sekolah tinggi harus mampu mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan dapat siap menghadapi tantangan di masa depan.

Referensi:

* Kurniawan, A. (2019). Augmented Reality dan Virtual Reality dalam Pendidikan. Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 1157(4), 042031. doi: 10.1088/1742-6596/1157/4/042031

* Kusumo, AW, & Wibowo, A. (2019). Kecerdasan Buatan dan Big Data dalam Pendidikan. Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 1157(4), 042032. doi: 10.1088/1742-6596/1157/4/042032

* Forum Ekonomi Dunia. (2020). Laporan Masa Depan Pekerjaan 2020. Diambil dari https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2020

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline