Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Pentingnya Meningkatkan Kreativitas Anak

Diperbarui: 18 Juli 2024   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pexels 

Pertumbuhan dan kemajuan sebuah bangsa dapat dilihat dari kreativitas dan Inovasi yang disajikan oleh bangsa dan negara itu sendiri. Kita bisa melihat bagaimana sebuah negara maju seperti Amerika, Jepang, Inggris, Jerman dan lain sebagainya menjadi negara maju diakibatkan adanya  inovasi dan kreatifitas dari negara itu sendiri.

Kita bisa melihat bagaimana negara-negara maju dapat menciptakan pesawat sendiri, kendaraan bermotor, alat-alat berat, sampai pesawat tempur sendiri. Hal itu membuktikan sebuah negara dapat disebut maju. Selain itu, negara maju juga identik dengan perekonomian dan tingkat kesejahteraan yang baik dan merata.

Dari hal tersebut, jika ingin menjadi negara yang kuat dan mandiri maka kita harus bisa menciptakan sebuah inovasi dan kreatifitas yang baru. Saat ini, Indonesia masih sering mengimpor segala bahan-bahan kebutuhan dan barang-barang perabotan dan mesin-mesin kendaraan serta lain sebagainya.

Jika ingin menjadi negara yang kuat dan mandiri maka harus ada perubahan dimulai dari masyarakat sampai kepada pemerintah dengan membuat kebijakan-kebijakan yang baik dan inovatif.

Untuk membantu pemerintahan, saya juga senantiasa membantu pemerintah dalam mewujudkan cita-cita menjadi negara yang kuat dan mandiri.

Beberapa hal yang dapat saya lakukan dengan memberikan inovasi dan kreatifitas.

Pertama, saya akan berusaha untuk memberikan inovasi pada pendidikan di Indonesia dengan cara memberikan kemerdekaan bagi anak untuk belajar. Merdeka belajar ini seperti, memberikan kesempatan untuk anak-anak dalam menyampaikan pendapat, keinginan maupun impian yang mereka miliki. 

Dalam proses pembelajaran, si anak tidak boleh dilarang untuk merdeka belajar. Alangkah baiknya memberikan kewenangan buat anak untuk mencari tempat belajar dan waktu belajar yang terbaik untuknya. Kita jangan pernah melarang anak untuk memilih pelajaran. Si anak jangan dipaksa untuk belajar terus menerus tetapi berikan kebebasan juga untuk bermain.

Selanjutnya, si anak diberikan kebebasan untuk memilih bacaan yang dia sukai. Jangan kita melarang untuk anak memilih bacaan di sekolah tetapi biarkan anak merdeka belajar.

Kedua, saya ingin menciptakan sebuah kreasi berupa kerajinan tangan yang bernilai ekonomis. Dalam artian mengolah sampah menjadi barang yang siap pakai dan bernilai ekonomis atau mampu dijual. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline