Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Bertambahnya Usia Bapak, Tiga Harapan yang Dipanjatkan

Diperbarui: 14 Juli 2024   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri 

Tepat pada hari ini 14 Juli 2024, Bapak saya berulang tahun ke-64. Pertambahan usia ini menjadi suatu berkat bagi keluarga kami karena Tuhan Yesus masih memberikan kesehatan, kekuatan, rezeki dan kebahagiaan dalam keluarga. Dengan bertambahnya usia ini, tentu orangtua memiliki harapan bagi keluarga terutama bagi anak-anaknya meskipun semua anaknya berjumlah 4 (empat) orang semuanya merantau jauh. Ada yang di Jakarta, Kalimantan Tengah (Palangkaraya), Kalimantan Timur (Balikpapan) dan Kalimantan Barat (Ketapang).

Di hari ulang tahun ini, harapan pertama yang dipanjatkan oleh orangtua adalah kebahagiaan.  Kebahagiaan itu membuat pikiran tenang dan hati pun senang. Kebahagiaan itu memberi kita semangat dalam melakukan segala aktivitas dan kebahagiaan itu mampu melancarkan kita dalam mencari rezeki. Itulah sebabnya, kebahagiaan itu adalah segalanya bagi setiap orang.

Dokpri 

Kedua, kesehatan. Orangtua akan selalu berdoa supaya sehat selalu karena dengan kesehatan dapat dilancarkan rezeki dan dapat menikmati hidup dengan anak maupun cucu. Ketika kita selalu sehat maka segala harapan itu bisa dicapai. Kesehatan akan membuat kita lebih banyak menikmati hidup bahagia. 

Ketiga, Mendapatkan jodoh. Harapan ketiga ini menjadi sesuatu yang selalu diharapkan orangtua ketika masih ada anak-anaknya yang belum menikah. Jodoh atau teman hidup menjadi salah satu sumber kebahagiaan orangtua. Dalam hati kecil orangtua, kebahagiaan itu didapat dari adanya pasangan hidup. 

Pasangan itulah nantinya tempat untuk bercerita, berbagi suka dan duka dan tempat untuk mencari sebuah kekudusan. Ketika anak-anak sudah memiliki pasangan hidup maka orangtua dapat melepasnya penuh dan memulai untuk mengarungi kehidupan yang baru. Orangtua tidak akan lagi memikirkan bagaimana si anak nantinya dapat menjalani kehidupan ketika orangtua sudah tidak ada. 

Bagaimana nantinya si anak ketika sakit tidak ada yang mengurusnya dan bagaimana nantinya si anak bila ada kegelisahan namun tidak ada tempat untuk curhat. Hal seperti itu jadi beban bagi orangtua karenanya berharap agar anaknya menikah atau memiliki teman hidup sehingga dapat menjalani hidup lebih tenang dan bahagia.

Dari semuanya itu, semoga saja dapat tercurah selalu kasih Tuhan Yesus dan Rahmatnya tetap membersamai dalam setiap perjalanan hidup. Selamat Ulang Tahun Bapak, semoga doa dan harapan dapat dikabulkan Tuhan, terutama berkat kesehatan, rezeki dan perlindungan selalu menyertai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline